skip to main content

PERBEDAAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA MADRASAH ALIYAH (MA) BERBASIS PONDOK PESANTREN DAN SEKOLAH MENENGAH UMUM (SMU)

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 22 Aug 2014.

Citation Format:
Abstract

Remaja merupakan generasi yang ikut menentukan masa depan bangsa dan ikut berjuang mengisi kemerdekaan. Salah satu tugas perkembangan remaja yang diungkapkan oleh Havighurst (dalam Agustiani, 2009, h.16), menuntut individu untuk dapat mencapai tingkah laku sosial yang bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris perbedaan perilaku prososial siswa Madrasah Aliyah (MA) berbasis pondok pesantren dan siswa Sekolah Menengah Umum (SMU).

Penelitian ini merupakan penelitian komparasi dengan mengambil sampel sebanyak 142 siswa dengan rincian sebesar 108 siswa dari Madrasah Aliyah Asy Syarifah dan 34 siswa dari SMA Ronggolawe. Metode penggalian data dengan menggunakan satu skala psikologi yaitu skala perilaku prososial. Skala perilaku prososial berjumlah 40 item valid (α = 0,923). Analisis data menggunakan uji independent sample t test.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan perilaku prososial siswa Madrasah Aliyah Asy Syarifah Mranggen Demak dan siswa SMA Ronggolawe  Semarang yang ditunjukkan oleh nilai t hitung = 2,368 dengan p = 0,019 (p < 0,05).  Perilaku prososial siswa Madrasah Aliyah Asy Syarifah lebih tinggi sebesar 124,94 dibandingkan dengan rata-rata  perilaku prososial pada SMA Ronggolawe Semarang sebesar 119,21 dengan perbedaan rata-rata sebesar 5,739. Jadi penelitian ini membuktikan bahwa siswa di Madrasah Aliyah (MA)  berbasis pondok pesantren mempunyai perilaku prososial lebih baik dibandingkan dengan Sekolah Menengah Umum.

Fulltext View|Download
Keywords: Perilaku Prososial

Article Metrics:

  1. Agustiani, H. 2009. Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: PT Refika Aditama
  2. Baron, R.A. & Byrne, D. 2005. Psikologi Sosial. Edisi Kesepuluh, Jilid 2. Jakarta : Erlangga
  3. Dayakisni, T. & Hudaniah. 2012. Psikologi Sosial. Edisi Revisi. Malang : Universitas Muhamadiyah Malang
  4. Hurlock, E.B. 2004. Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan sepanjang rentang kehidupan. (Alih Bahasa : Istiwidianti dan Soedjarwo). Edisi kelima. Jakarta : Erlangga
  5. Menaker Pendidikan Pesantren dan Non Pesantren (2009, 8 Juni), Wordpress, h.1
  6. Purnamasari, A. Ekowarni, A., & Fadhila, A. 2004. Perbedaan Intensi Prososial Siswa SMUN dan MAN di Yogyakarta. Humanitas : Indonesian Psychologycal Journal Vol.1 No. 1
  7. Rizal, A.S. 2011. Transformasi Corak Edukasi Dalam Sistem Pendidikan Pesantren, Dari Pola Tradisi Ke Pola Modern. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 9 No. 2
  8. Santoso, S. 2000. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
  9. Usman, M.I. 2011. Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Lembaga Pendidikan Islam Pare-pare Kediri
  10. Yusuf, S. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Remaja Rosdakarya

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.