Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI7536, author = {Burhan Laksmana}, title = {HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {3}, number = {3}, year = {2014}, keywords = {kecerdasan emosi, penyesuaian sosial}, abstract = { Siswa kelas VII merupakan siswa baru dalam Sekolah Menengah Pertama. Siswa mengalami transisi dari sekolah dasar menuju Sekolah Menengah Pertama. Siswa banyak dihadapkan pada tuntutan dari lingkungan barunya untuk bisa menyesuaikan diri dengan baik. Tuntutan-tuntutan tersebut tidak semua bisa dipenuhi karena adanya banyak hambatan dalam menghadapi berbagai perubahan yang ditemui, yang bisa menjadi masalah dalam berinteraksi dan beraktivitas di lingkungan baru. Masalah ini bisa diselesaikan dan dihadapi dengan menggunakan kecerdasan emosi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Semarang. Hipotesis penelitian yang diajukan yaitu ada hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Semarang. Semakin tinggi kecerdasan emosi siswa maka semakin baik penyesuaian sosialnya. Sebaliknya, semakin rendah kecerdasan emosi siswa maka semakin buruk penyesuaian sosialnya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 20 Semarang sebanyak 256 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 64 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi, yaitu Skala Penyesuaian Sosial dan Skala Kecerdasan Emosional. Skala Penyesuaian Sosial terdiri dari 31 aitem valid (=0,889) dan Skala Kecerdasan Emosional terdiri dari 30 aitem valid (=0,891) yang telah diujicobakan pada 64 siswa. Analisa data dilakukan dengan metode analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi r xy =0,660 dengan p = 0,000 (p<0,05). Artinya hipotesis penelitian ini diterima yaitu ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial. Sumbangan efektif kecerdasan emosional terhadap penyesuaian sosial yaitu sebesar 43,6%, sedangkan 56,4% berasal dari faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.}, issn = {2829-1859}, pages = {32--41} doi = {10.14710/empati.2014.7536}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7536} }
Refworks Citation Data :
Siswa kelas VII merupakan siswa baru dalam Sekolah Menengah Pertama. Siswa mengalami transisi dari sekolah dasar menuju Sekolah Menengah Pertama. Siswa banyak dihadapkan pada tuntutan dari lingkungan barunya untuk bisa menyesuaikan diri dengan baik. Tuntutan-tuntutan tersebut tidak semua bisa dipenuhi karena adanya banyak hambatan dalam menghadapi berbagai perubahan yang ditemui, yang bisa menjadi masalah dalam berinteraksi dan beraktivitas di lingkungan baru. Masalah ini bisa diselesaikan dan dihadapi dengan menggunakan kecerdasan emosi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Semarang. Hipotesis penelitian yang diajukan yaitu ada hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Semarang. Semakin tinggi kecerdasan emosi siswa maka semakin baik penyesuaian sosialnya. Sebaliknya, semakin rendah kecerdasan emosi siswa maka semakin buruk penyesuaian sosialnya.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 20 Semarang sebanyak 256 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 64 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi, yaitu Skala Penyesuaian Sosial dan Skala Kecerdasan Emosional. Skala Penyesuaian Sosial terdiri dari 31 aitem valid (=0,889) dan Skala Kecerdasan Emosional terdiri dari 30 aitem valid (=0,891) yang telah diujicobakan pada 64 siswa. Analisa data dilakukan dengan metode analisis regresi sederhana.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University