Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI7532, author = {Zainuddin Wijaya and Yeniar Indriana}, title = {PERBEDAAN MINAT BELAJAR DITINJAU DARI TENDENSI KEPRIBADIAN TIPE A DAN TIPE B PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 10 SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {3}, number = {2}, year = {2014}, keywords = {Minat belajar, tendensi kepribadian Tipe A dan Tipe B, siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas.}, abstract = { Keberhasilan dalam kegiatan belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal . Faktor internal yang berpengaruh dalam proses belajar salah satunya adalah minat. Minat belajar merupakan landasan penting bagi siswa untuk melakukan aktivitas belajar. Tuntutan sekolah dan cara mengajar guru yang tidak tepat akan menyebabkan minat belajar siswa menurun. Selain minat belajar faktor yang menentukan prestasi belajar siswa adalah kepribadian siswa. Friedman & Rosenman membagi kedalam 2 tipe, yaitu kepribadian Tipe A dan Tipe B. Kepribadian Tipe A sangat kompetitif, berorientasi pada pencapaian dan memiliki stres yang lebih tinggi. Sebaliknya, kepribadian Tipe B lebih mampu bersantai, tidak tergesa-gesa serta stres yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan minat belajar ditinjau dari tendensi kepribadian Tipe A dan Tipe B pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Semarang. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 10 Semarang dan menggunakan teknik cluster random sampling untuk pengambilan sampel. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu Skala Minat Belajar (α = 0.932) dan Skala Tendensi Kepribadian Tipe A dan Tipe B (α = 0.68). Hasil penelitian menunjukkan nilai t= 2.815 dengan p=0,006 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu ada perbedaan minat belajar antara tendensi kepribadian Tipe A dan kepribadian Tipe B pada siswa kelas XI, dan nilai rata-rata minat belajar pada siswa dengan tendensi kepribadian Tipe A lebih tinggi daripada siswa dengan tendensi kepribadian Tipe B }, issn = {2829-1859}, pages = {382--394} doi = {10.14710/empati.2014.7532}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7532} }
Refworks Citation Data :
Keberhasilan dalam kegiatan belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berpengaruh dalam proses belajar salah satunya adalah minat. Minat belajar merupakan landasan penting bagi siswa untuk melakukan aktivitas belajar. Tuntutan sekolah dan cara mengajar guru yang tidak tepat akan menyebabkan minat belajar siswa menurun. Selain minat belajar faktor yang menentukan prestasi belajar siswa adalah kepribadian siswa. Friedman & Rosenman membagi kedalam 2 tipe, yaitu kepribadian Tipe A dan Tipe B. Kepribadian Tipe A sangat kompetitif, berorientasi pada pencapaian dan memiliki stres yang lebih tinggi. Sebaliknya, kepribadian Tipe B lebih mampu bersantai, tidak tergesa-gesa serta stres yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan minat belajar ditinjau dari tendensi kepribadian Tipe A dan Tipe B pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Semarang.
Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 10 Semarang dan menggunakan teknik cluster random sampling untuk pengambilan sampel. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu Skala Minat Belajar (α = 0.932) dan Skala Tendensi Kepribadian Tipe A dan Tipe B (α = 0.68).
Hasil penelitian menunjukkan nilai t= 2.815 dengan p=0,006 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu ada perbedaan minat belajar antara tendensi kepribadian Tipe A dan kepribadian Tipe B pada siswa kelas XI, dan nilai rata-rata minat belajar pada siswa dengan tendensi kepribadian Tipe A lebih tinggi daripada siswa dengan tendensi kepribadian Tipe B
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University