skip to main content

PERBEDAAN MINAT BELAJAR DITINJAU DARI TENDENSI KEPRIBADIAN TIPE A DAN TIPE B PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 10 SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 22 Apr 2014.

Citation Format:
Abstract

Keberhasilan dalam kegiatan belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berpengaruh dalam proses belajar salah satunya adalah minat. Minat belajar merupakan landasan penting bagi siswa untuk melakukan aktivitas belajar. Tuntutan sekolah dan cara mengajar guru yang tidak tepat akan menyebabkan minat belajar siswa menurun. Selain minat belajar faktor yang menentukan prestasi belajar siswa adalah kepribadian siswa. Friedman & Rosenman membagi kedalam 2 tipe, yaitu kepribadian Tipe A dan Tipe B. Kepribadian Tipe A sangat kompetitif, berorientasi pada pencapaian dan memiliki stres yang lebih tinggi. Sebaliknya, kepribadian Tipe B lebih mampu bersantai, tidak tergesa-gesa serta stres yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan minat belajar ditinjau dari tendensi kepribadian Tipe A dan Tipe B pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Semarang.

            Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 10 Semarang dan menggunakan teknik cluster random sampling untuk pengambilan sampel. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu Skala Minat Belajar (α = 0.932) dan Skala Tendensi Kepribadian Tipe A dan Tipe B (α = 0.68).

            Hasil penelitian menunjukkan nilai t= 2.815 dengan p=0,006 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu ada perbedaan minat belajar antara tendensi kepribadian Tipe A dan kepribadian Tipe B pada siswa kelas XI, dan nilai rata-rata minat belajar pada siswa dengan tendensi kepribadian Tipe A lebih tinggi daripada siswa dengan tendensi kepribadian Tipe B

Fulltext View|Download
Keywords: Minat belajar, tendensi kepribadian Tipe A dan Tipe B, siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas.

Article Metrics:

  1. http://krjogja.com/read/140471/page/tentang_kami diakses pada tanggal 18 September 2013
  2. Djamarah, S. B. 2002. Psikologi belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
  3. Edwards, J.R., Baglioni, J. A., & Cooper, C. L. 1990. The psychometric properties of the Bortner Type A Scale. British Journal of Psychology, 81, 315-333
  4. Hurlock, E. B. 1999. Psikologi perkembangan edisi kelima. Jakarta: Erlangga
  5. Hurlock, E. B. 2006. Perkembangan anak jilid II edisi keenam. Penerjemah: Meitasari Tjandra. Jakarta: Erlangga
  6. Kartono, K. 2005. Teori kepribadian. Bandung: CV. Mandar Maju
  7. Krapp, A. 1999. Interest, motivation and learning: An educational-psychological perspective. European Journal of Psychology of Education,Vol. XIV 23-40
  8. Ormrod, J. E. 2008. Psikologi pendidikan membantu siswa tumbuh dan berkembang jilid 2. Jakarta: Erlangga
  9. Safari. 2003. Evaluasi pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
  10. Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
  11. Suryabrata, S. 2010. Psikologi pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
  12. Syah, M. 2009. Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Pers
  13. Robbins, S. P. 2003. Perilaku organisasi. Jakarta : PT. Prenhallindo
  14. Santoso, V. S. 2009. Prokrastinasi pada mahasiswa yang sedang menempuh skripsi ditinjau dari kepribadian tipe A dan tipe B. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata
  15. Sukarno, G. 2012. Stress kerja aparatur pemerintah kantor inspektorat kabupaten Tulungagung sebagai dampak kepribadian type A dan peran. Journal Lib Unair, Vol 22, No 2
  16. Sridevi, K. V. 2013. A Study of relationship among general anxiety, test anxiety and academic achievement of higher secondary students. Journal of Education and Practice. Vol.4, No.1
  17. Suprijanto. 2007. Pendidikan orang dewasa. Jakarta: Bumi Aksara
  18. Usher, A. & Kober, N. 2012. Student motivation: An overlooked piece of school reform. Washington, D.C: The George Washington University
  19. Winarsunu, T. 2007. Statistika dalam penelitian psikologi dan pendidikan. Malang: UMM Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.