Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI7521, author = {Nugraheni Prasstianingrum and Diana Rusmawati}, title = {HUBUNGAN ANTARA QUALITY OF SCHOOL LIFE DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {3}, number = {2}, year = {2014}, keywords = {Quality of School Life, Motivasi Belajar, Kelas XI SMA}, abstract = { Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara quality of school life dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang yang berjumlah 226 siswa dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 70 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling . Pengambilan data menggunakan skala quality of school life (45 aitem valid α = 0,916) dan skala motivasi belajar (29 aitem valid α = 0,884). Data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana menunjukan hasil koefisien korelasi antara quality of school life dengan motivasi belajar sebesar 0,773 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa hipotesis penelitian, yaitu terdapat hubungan positif antara quality of school life dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang dapat diterima. Nilai koefisiensi korelasi positif menunjukan bahwa arah hubungan kedua variabel adalah positif, artinya semakin positif quality of school life siswa maka akan semakin tinggi motivasi belajar, dan sebaliknya semakin negatif quality of school life yang dimiliki siswa maka akan semakin rendah pula motivasi belajar. Quality of school life memberikan sumbangan efektif sebesar 59,8% terhadap motivasi belajar dan sisanya sebesar 40,2% ditentukan oleh faktor-faktor lain. }, issn = {2829-1859}, pages = {267--279} doi = {10.14710/empati.2014.7521}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7521} }
Refworks Citation Data :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara quality of school life dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang yang berjumlah 226 siswa dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 70 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan skala quality of school life (45 aitem valid α = 0,916) dan skala motivasi belajar (29 aitem valid α = 0,884).
Data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana menunjukan hasil koefisien korelasi antara quality of school life dengan motivasi belajar sebesar 0,773 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa hipotesis penelitian, yaitu terdapat hubungan positif antara quality of school life dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang dapat diterima. Nilai koefisiensi korelasi positif menunjukan bahwa arah hubungan kedua variabel adalah positif, artinya semakin positif quality of school life siswa maka akan semakin tinggi motivasi belajar, dan sebaliknya semakin negatif quality of school life yang dimiliki siswa maka akan semakin rendah pula motivasi belajar. Quality of school life memberikan sumbangan efektif sebesar 59,8% terhadap motivasi belajar dan sisanya sebesar 40,2% ditentukan oleh faktor-faktor lain.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University