skip to main content

HUBUNGAN ANTARA QUALITY OF SCHOOL LIFE DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 22 Apr 2014.

Citation Format:
Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara quality of school life dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang yang berjumlah 226 siswa dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 70 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan skala quality of school life (45 aitem valid α = 0,916) dan skala motivasi belajar (29 aitem valid α = 0,884).

Data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana menunjukan hasil koefisien korelasi antara quality of school life dengan motivasi belajar sebesar 0,773 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa hipotesis penelitian, yaitu terdapat hubungan positif antara quality of school life dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang dapat diterima. Nilai koefisiensi korelasi positif menunjukan bahwa arah hubungan kedua variabel adalah positif, artinya semakin positif quality of school life siswa maka akan semakin tinggi motivasi belajar, dan sebaliknya semakin negatif quality of school life yang dimiliki siswa maka akan semakin rendah pula motivasi belajar. Quality of school life memberikan sumbangan efektif sebesar 59,8% terhadap motivasi belajar dan sisanya sebesar 40,2% ditentukan oleh faktor-faktor lain.

Fulltext View|Download
Keywords: Quality of School Life, Motivasi Belajar, Kelas XI SMA

Article Metrics:

  1. Hamdu, Ghulam., & Agustina, Lisa. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian pendidikan. 12 (1), 90-96
  2. Henning, Marcus, dkk. (2010). Quality of Life and Motivation to Learn: A Study of Medical Students. Issues in Educational Research. 20 (3), 244-256
  3. Karatzias, A., Power, K.G. & Swanson, V. (2001). Quality of School Life: Development and Preeliminary Standardization of an Instrument Based on Performance Indicators in Scottish Secondary School. School Effectiveness and School Improvement. 12. (3), 265-284
  4. Kwong, K. C. (2006). Classroom Learning Experiences and Students’ Perceptions of Quality of School Life. Hongkong: The Chinese University of Hong Kong
  5. Leonard, C. (2002). Quality of School Life and Attendance in Primary School. Newcastle: University of Newcastle
  6. Linnakylä, Pirjo. (1996) .Quality of School Life in the Finnish Comprehensive School: a comparative view. Scandinavian Journal of Educational Research. 40. (1), 69 -85
  7. Octyavera, R. M. (2006). Hubungan Kualitas Kehidupan Sekolah dengan Penyesuaian Sosial pada Siswa SMA International Islamic Boarding School Republic of Indonesia. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro
  8. Pujadi, Arko. 2007. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa: Studi Kasus pada Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia. Business & Management Journal Bunda Mulia, 3(2), 40-51
  9. Sukirman. (2011). Peranan Bimbingan Guru dan Motivasi Belajar dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Metro Tahun 2010. Guidena 1 (1), 23-34
  10. Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
  11. Winarsunu, T. (2002). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.