skip to main content

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI AKADEMIK DENGAN TENDENSI MENCARI BANTUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 9 SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 22 Apr 2014.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif antara efikasi diri akademik dengan tendensi mencari bantuan layanan bimbingan dan konseling pada siswa SMA. Subjek dalam penelitian adalah 102 orang siswa dari kelas XII SMA Negeri 9 Semarang yang diperoleh dengan menggunakan cluster random sampling.

Pengumpulan data menggunakan Skala Tendensi Mencari Bantuan Layanan Bimbingan dan Konseling yang terdiri dari 48 aitem, memiliki indeks daya beda aitem berkisar antara 0,26 hingga 0,61 dengan koefisien reliabilitas (α) 0,93 dan Skala Efikasi Diri Akademik yang terdiri dari 56 aitem, memiliki indeks daya beda aitem berkisar antara 0,26 hingga 0,59 dengan koefisien reliabilitas (α) 0,93.

Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson yang menunjukkan rxy = 0,28 (p<0,05). Artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri akademik dengan tendensi mencari bantuan layanan bimbingan dan konseling. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan positif antara efikasi diri akademik dengan tendensi mencari bantuan layanan bimbingan dan konseling  pada siswa kelas XII di SMA Negeri 9 Semarang dapat diterima.

Fulltext View|Download
Keywords: Efikasi Diri Akademik, Tendensi Mencari Bantuan Layanan Bimbingan dan Konseling, Siswa SMA

Article Metrics:

  1. Anonim. (2013). Teror guru BK di sekolah. Diunduh dari http://www.radar- bekasi.com/?p=62366
  2. Bandura, A. (1997). Self efficacy: The exercise of control. New York: W. H. Freeman and Company
  3. Karabenick, S. A., & Newman, R. S. (2006). Help seeking in academic settings: Goal, groups and contexts. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates
  4. Ormrod, J. E. (2008). Psikologi pendidikan: Membantu siswa tumbuh dan berkembang, Edisi keenam, Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga
  5. Ryan, A. M., & Ladd, G. W. (2012). Peer relationships and adjustment at school. North Carolina: Information Age Publishing, Inc
  6. Santrock, J. W. (2007). Remaja, Edisi Kesebelas, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga
  7. Santrock, J. W. (2009). Psikologi pendidikan (Educational psychology), Edisi 3, Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.