Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI7514, author = {Irma Putri and Anita Listiara}, title = {HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI AKADEMIK DENGAN TENDENSI MENCARI BANTUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 9 SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {3}, number = {2}, year = {2014}, keywords = {Efikasi Diri Akademik, Tendensi Mencari Bantuan Layanan Bimbingan dan Konseling, Siswa SMA}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif antara efikasi diri akademik dengan tendensi mencari bantuan layanan bimbingan dan konseling pada siswa SMA. Subjek dalam penelitian adalah 102 orang siswa dari kelas XII SMA Negeri 9 Semarang yang diperoleh dengan menggunakan cluster random sampling . Pengumpulan data menggunakan Skala Tendensi Mencari Bantuan Layanan Bimbingan dan Konseling yang terdiri dari 48 aitem, memiliki indeks daya beda aitem berkisar antara 0,26 hingga 0,61 dengan koefisien reliabilitas (α) 0,93 dan Skala Efikasi Diri Akademik yang terdiri dari 56 aitem, memiliki indeks daya beda aitem berkisar antara 0,26 hingga 0,59 dengan koefisien reliabilitas (α) 0,93. Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson yang menunjukkan rxy = 0,28 (p<0,05). Artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri akademik dengan tendensi mencari bantuan layanan bimbingan dan konseling. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan positif antara efikasi diri akademik dengan tendensi mencari bantuan layanan bimbingan dan konseling pada siswa kelas XII di SMA Negeri 9 Semarang dapat diterima. }, issn = {2829-1859}, pages = {200--209} doi = {10.14710/empati.2014.7514}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7514} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif antara efikasi diri akademik dengan tendensi mencari bantuan layanan bimbingan dan konseling pada siswa SMA. Subjek dalam penelitian adalah 102 orang siswa dari kelas XII SMA Negeri 9 Semarang yang diperoleh dengan menggunakan cluster random sampling.
Pengumpulan data menggunakan Skala Tendensi Mencari Bantuan Layanan Bimbingan dan Konseling yang terdiri dari 48 aitem, memiliki indeks daya beda aitem berkisar antara 0,26 hingga 0,61 dengan koefisien reliabilitas (α) 0,93 dan Skala Efikasi Diri Akademik yang terdiri dari 56 aitem, memiliki indeks daya beda aitem berkisar antara 0,26 hingga 0,59 dengan koefisien reliabilitas (α) 0,93.
Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson yang menunjukkan rxy = 0,28 (p<0,05). Artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri akademik dengan tendensi mencari bantuan layanan bimbingan dan konseling. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan positif antara efikasi diri akademik dengan tendensi mencari bantuan layanan bimbingan dan konseling pada siswa kelas XII di SMA Negeri 9 Semarang dapat diterima.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University