Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI7486, author = {Michael Sihaloho and Sri Hartati}, title = {HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH AUTORITATIF DENGAN OPTIMISME AKADEMIK PADA SISWA SMA MARDISISWA SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {3}, number = {1}, year = {2014}, keywords = {pola asuh autoritatif, optimisme akademik, siswa SMA Mardisiswa Semarang}, abstract = { Remaja masa kini menghadapi tekanan sosial dan akademik sehingga menuntut remaja untuk bertanggung jawab dalam prestasi akademik, namun tidak semua siswa dapat mencapai prestasi belajar seperti yang telah ditetapkan. Optimisme dalam akademik dapat membantu remaja dalam memandang permasalahan sehingga dapat mengatasi ketidakberdayaan yang dialaminya. Pola asuh autoritatif dapat mempengaruhi remaja dalam mengembangkan optimisme akademik dalam dirinya karena pola asuh autoritatif menetapkan ekspektasi yang tinggi dan mendukung perilaku yang matang dari remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh autoritatif dengan optimisme akademik pada siswa SMA Mardisiswa Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Mardisiswa Semarang dengan sampel penelitian sebanyak 128 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling . Pengambilan data menggunakan dua skala psikologi, yaitu skala optimisme akademik dan skala pola asuh autoritatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan nilai r xy =0,552 dan F=55,224 dengan p=0,000 (p<0,05) serta persamaan regresi Y = 0,360x + 34,513, yang berarti terdapat hubungan positif antara pola asuh autoritatif dengan optimisme akademik pada siswa SMA Mardisiswa Semarang. Sumbangan efektif variabel pola asuh autoritatif terhadap optimisme akademik adalah sebesar 30,5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa optimisme akademik sebesar 30,5% ditentukan oleh pola asuh autoritatif, sedangkan sisanya sebesar 69,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain. }, issn = {2829-1859}, pages = {115--123} doi = {10.14710/empati.2014.7486}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7486} }
Refworks Citation Data :
Remaja masa kini menghadapi tekanan sosial dan akademik sehingga menuntut remaja untuk bertanggung jawab dalam prestasi akademik, namun tidak semua siswa dapat mencapai prestasi belajar seperti yang telah ditetapkan. Optimisme dalam akademik dapat membantu remaja dalam memandang permasalahan sehingga dapat mengatasi ketidakberdayaan yang dialaminya. Pola asuh autoritatif dapat mempengaruhi remaja dalam mengembangkan optimisme akademik dalam dirinya karena pola asuh autoritatif menetapkan ekspektasi yang tinggi dan mendukung perilaku yang matang dari remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh autoritatif dengan optimisme akademik pada siswa SMA Mardisiswa Semarang.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Mardisiswa Semarang dengan sampel penelitian sebanyak 128 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan dua skala psikologi, yaitu skala optimisme akademik dan skala pola asuh autoritatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.
Hasil analisis data menunjukkan nilai rxy=0,552 dan F=55,224 dengan p=0,000 (p<0,05) serta persamaan regresi Y = 0,360x + 34,513, yang berarti terdapat hubungan positif antara pola asuh autoritatif dengan optimisme akademik pada siswa SMA Mardisiswa Semarang. Sumbangan efektif variabel pola asuh autoritatif terhadap optimisme akademik adalah sebesar 30,5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa optimisme akademik sebesar 30,5% ditentukan oleh pola asuh autoritatif, sedangkan sisanya sebesar 69,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University