skip to main content

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH AUTORITATIF DENGAN OPTIMISME AKADEMIK PADA SISWA SMA MARDISISWA SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 19 Jan 2014.

Citation Format:
Abstract

Remaja masa kini menghadapi tekanan sosial dan akademik sehingga  menuntut remaja untuk bertanggung jawab dalam prestasi akademik, namun tidak semua siswa dapat mencapai prestasi belajar seperti yang telah ditetapkan. Optimisme dalam akademik dapat membantu remaja dalam memandang permasalahan sehingga dapat mengatasi ketidakberdayaan yang dialaminya. Pola asuh autoritatif dapat mempengaruhi remaja dalam mengembangkan optimisme akademik dalam dirinya karena pola asuh autoritatif menetapkan ekspektasi yang tinggi dan mendukung perilaku yang matang dari remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh autoritatif dengan optimisme akademik pada siswa SMA Mardisiswa Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Mardisiswa Semarang dengan sampel penelitian sebanyak 128 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan dua skala psikologi, yaitu skala optimisme akademik dan skala pola asuh autoritatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.

Hasil analisis data menunjukkan nilai rxy=0,552 dan F=55,224 dengan p=0,000 (p<0,05) serta persamaan regresi Y = 0,360x + 34,513, yang berarti terdapat hubungan positif antara pola asuh autoritatif dengan optimisme akademik pada siswa SMA Mardisiswa Semarang. Sumbangan efektif variabel pola asuh autoritatif terhadap optimisme akademik adalah sebesar 30,5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa optimisme akademik sebesar 30,5% ditentukan oleh pola asuh autoritatif, sedangkan sisanya sebesar 69,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain.

Fulltext View|Download
Keywords: pola asuh autoritatif, optimisme akademik, siswa SMA Mardisiswa Semarang

Article Metrics:

  1. Akgun, S., & Ciarrochi, J. 2003. Learned Resourcefulness Moderates The Relationship Between Academic Stress and Academic Performance. Journal of Educational Psychology, Vol. 23, No. 3, 287-294
  2. Berk, L.E. 2010. Development Through the Lifespan, Fifth Edition. Boston: Pearson
  3. Carr, A. 2004. Positive Psychology: The Science of Happiness and Human Strengths. New York: Brunner-Routledge
  4. Gerungan, W.A. 2009. Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama
  5. Goleman, D. 2007. Emotional Intelligence. Terjemahan: T. Hermaya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  6. Huan, V.S., Yeo, L.S., Ang, R.P., & Chong, W.H. 2006. The Influence of Dispositional Optimism and Gender on Adolescents’ Perception of Academic Stress. Adolescence, Vol. 41, No. 163, 533-546
  7. Hurlock, E. 1999. Perkembangan Anak, Jilid II. Terjemahan: Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga
  8. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2012. Diakses dari http://kbbi.web.id/
  9. Lall, M., & Sheetal S. 2009. Personal Growth and Training & Development. New Delhi: Excel Books
  10. Papalia, D.E., Olds, S.W., & Feldman, R.D. 2009. Human Development, Edisi 10, Jilid I. Terjemahan: Brian Marswendy. Jakarta: Salemba Humanika
  11. Santrock, J.W. 2003. Adolescence: Perkembangan Remaja, Edisi 6. Terjemahan: Shinto B. Adelar & Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga
  12. Santrock, J.W. 2007. Remaja, Edisi 11, Jilid I. Terjemahan: Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga
  13. Seligman, M.E.P. 2006. Learned Optimism. New York: Vintage Books
  14. Seligman, M.E.P. 2008. Menginstal Optimisme: Bagaimana cara mengubah pemikiran dan kehidupan Anda. Terjemahan: Budhy Yogapranata. Bandung: PT Karya Kita
  15. Snyder, C.R., & Lopez, S.J. 2002. Handbook Of Positive Psychology. New York: Oxford University Press
  16. Türkel, Y.D., & Tezer, E. 2008. Parenting Styles and Learned Resourcefulness of Turkish Adolescents. Journal of Adolescence, Vol. 43, No. 169, 143-152
  17. Vasta, R., Haith, M.M, & Miller, S.A. 1999. Child Psychology The Modern Science, Third Edition. New York: John Wiley & Sons
  18. Weiten, W., Dunn, D.S., & Hammer, E.Y. 2012. Psychology Applied To Modern Life: Adjusment in the 21st Century, Tenth Edition. Wadsworth: Cengage Learning

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.