skip to main content

PERILAKU PROSOSIAL : STUDI KASUS PADA ANAK PRASEKOLAH

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 16 Oct 2013.

Citation Format:
Abstract

Tujuan penelitian adalah melakukan eksplorasi dan mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku prososial anak prasekolah.

Subjek kasus dalam penelitian ini adalah dua anak dengan karakteristik yaitu berusia 3-5 tahun, kesempatan yang sama untuk menghabiskan waktu bersama ibu di rumah, menempuh pendidikan di playgroup yang sesuai standar peraturan pemerintah dan semua subjek kasus berada pada jenjang pendidikan yang sama. Penelitianinimenggunakanmetodekualitatif dengan pendekatan studikasus. Analisis data yang digunakan adalah analisis tematik. Metodepengumpulan data yang digunakanadalahwawancara danobservasi dengan data pendukung dari checklist dan dokumentasi.

Hasil penelitian menampakkan bahwa perilaku prososial anak prasekolah dapat dikelompokkan menjadi tiga bentuk yaitu perilaku membantu, berbagi dan menghibur. Lingkungan keluarga dan sekolah berperan dalam mendorong maupun menghambat perkembangan perilaku prososial seperti strategi pembelajaran perilaku prososial dan situasi dalam keluarga maupun sekolah.

Strategi pembelajaran perilaku prososial meliputi kegiatan pembelajaran di sekolah seperti pembacaan cerita, video, lagu dan kegiatan simulasi yang mendorong pembelajaran nilai-nilai prososial serta peran orangtua dan guru dalam memberikan contoh perilaku, bimbingan dan motivasi untuk memunculkan kesadaran anak mengenai perasaan orang lain serta pemberian penghargaan terhadap perilaku prososial anak. Situasi dalam keluarga dan sekolah mempengaruhi kesempatan anak untuk mengembangkan perilaku prososial.

Anak prasekolah mampu berperilaku prososial walaupun terdapat perbedaan dalam tingkat dan jenis perilaku prososial. Perbedaan ini dipengaruhi oleh strategi pembelajaran perilaku prososial serta banyaknya kesempatan yang diperoleh anak dari lingkungan keluarga maupun sekolah.

Fulltext View|Download
Keywords: perilaku prososial, anak prasekolah, studi kasus

Article Metrics:

  1. Asih, G.Y. & Pratiwi, M.M.S. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, 1(1), 33-42. Diakses melalui http://eprints.umk.ac.id/268/1/33_-_42.PDF
  2. Berk, L.E. (2010). Development Through the Lifespan 5th ed. Boston:Allyn and Bacon
  3. Bierhoff, H.W. (2002). Prosocial Behaviour. New York:Taylor and Francis Inc
  4. Damon, W., Lerner, R.M. & Eisenberg, N. (2006). Handbook of Child Psychology 6 th Ed. New Jersey:John Wiley & Sons Inc
  5. Killen, M. & Smetana, J. (2006). Handbook of Moral Development. London : Lawrence Erlbaum Associates, Inc
  6. Novitasari, R.P. & Prasetyadi, B.S. (2005). Case Study on Adolescent Behavior Prosocial Javaness Girl (Abstract). Diakses melalui http://openstorage.gunadarma.ac.id/abstract/graduate/239-720-1- SM.pdf
  7. Ormrod, J.E. (2008). Psikologi Pendidikan Jilid 1. Jakarta : Erlangga
  8. Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta:PT Rineka Cipta
  9. Poerwandari, K. (2001). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta:LPSP3 UI
  10. Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga
  11. Suyadi, (2010). Psikologi Belajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:PT. Bintang Pusaka Abadi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.