skip to main content

STUDI PERBEDAAN PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI JENIS PENDIDIKAN PADA SISWA SETINGKAT SMA DI KAYEN PATI

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 16 Oct 2013.

Citation Format:
Abstract

Prokrastinasi akademik adalah suatu kecenderungan untuk tidak memulai mengerjakan tugas atau pekerjaan secara sengaja dan berulang-ulang dengan melakukan aktifitas lain yang tidak diperlukan dalam pengerjaan tugas formal yang berhubungan dengan tugas akademik, seperti tugas mengarang, belajar menghadapi ujian, membaca, kinerja administratif, menghadiri pertemuan, dan kinerja akademik secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidaknya perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari jenis pendidikan pada siswa setingkat SMA di Kayen Pati.

Penelitian dilakukan menggunakan metode diskriptif kuantitatif dengan teknik sampling yaitu Cluster Random Sampling di SMA Negeri 1 Kayen dan MA Miftahul Ulum pada kelas XI dan XII. Populasi dan sampel terdiri dari SMA Negeri 1 Kayen yaitu 68 siswa dan sampel MA Miftahul Ulum terdiri dari 64 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan skala prokrastinasi akademik yang terdiri dari 23 aitem dengan koefisien reabilitas=0,881. Hasil penelitian nilai mean pada SMA Negeri 1 Kayen sebanyak 53,3382 dan mean pada MA Miftahul Ulum yaitu 58,1719, homogenitas lavene’s test dengan nilai F=1,351, signifikansi 0,254 (p>0,05) dikatakan homogen.

Analisis data dilakukan dengan uji t-test, diperoleh nilai signifikansi 0,002 (p<0,05) dan t=3,211, penelitian tersebut menunjukkan ada perbedaan  prokrastinasi akademik yang signifikan pada siswa SMA Negeri 1 Kayen dan MA Miftahul Ulum.

Fulltext View|Download
Keywords: Academic Procrastination, Kinds of Education, Senior High School, MA

Article Metrics:

  1. Ferrari,J.R. Johnson, J.L. & Mc Cown, W.G. 1995. Procrastination and Task Avoidance, Theory, Research and Treathment. New York: Plenum Press. (WWW.Googlebook.com) hal 2-88
  2. Ghufron, M.Nur. 2003. Hubungan Kontrol Diri Dengan Persepsi Remaja Terhadap Penerapan Disiplin Orang Tua Dengan Prokrastinasi Akademik. (Tesis). Universitas Gajah Mada. hal.14-106
  3. Hurlock, E. 1999. Perkembangan Anak. Jilid 2. Jakarta: Erlangga. hal.258
  4. Muchid. 2009. Hubungan Antara Self Control Dan Self-Efficacy Dengan Kecenderungan Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Fakultas Dakwah Iain Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Ilmu Dakwah, 18 (1), 113
  5. Santosa, S. 2000. Problematika Pendidikan. Jakarta: Pena Gading, hal.65
  6. Santrock, J.W. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: PT Erlangga. hal.286
  7. Sa’ud, U.S., dan Sumantri, M. 2010. Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal Pendidikan, hal.14-18
  8. Solomon, L.J., & Rothblum, E.D. 1984. Academic Procrastination: Frequency and cognitive behavioral correlates. Journal of counseling psychology, (31)4, hal.503-505
  9. Syafei, Sahlan. 2006. Bagaimana Anda Mendidik Anak. Penerbit Ghalia Indonesia: Bogor
  10. Yuniar, M., Abidin, Z. & Astuti, T.P. 2005. Penyesuaian Diri Santri Putri Terhadap Kehidupan Pesantren: Studi Kualitatif Pada Madrasah Takhasusiah Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta. Jurnal Psikologi Undip. 2(1), hal.1

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.