skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN STORYTELLING TERHADAP KECERDASAN MORAL ANAK USIA SEKOLAH

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui pengaruh storytelling terhadap kecerdasan moral pada anak usia sekolah di SDN Tembok Luwung 01 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor kecerdasan moral setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan adanya perbedaan skor kecerdasan moral antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.

Penelitian eksperimen yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan menggunakan non-randomize design pretest-posttest control group design. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengukuran kecerdasan moral dilakukan dengan menggunakan skala kecerdasan moral. Sebelum dilakukan perlakuan kedua kelompok subjek diberi pretest, kemudian dilakukan pemberian Storytelling pada kelompok eksperimen sebanyak empat kali. Setelah dilakukan perlakuan, kedua kelompok diberi posttest untuk mengetahui pengaruh dari storytelling.

Hasil analisis dengan menggunakan Paired Sampel t-Test pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan menunjukkan nilai t sebesar -3.124 dan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.005 (P=0.05>0.005). hasil tersebut menunjukkan adanya perpedaan kecerdasan moral sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Adanya perbedaan tersebut berarti terdapat pengaruh storytelling terhadap kecerdasan moral anak. Hasil analisis dengan menggunakan Independen Sampel t-Test menunjukkan nilai t sebesar 0.584 dengan nilai signifikansi yang lebih besar dari 0.05 yaitu 0.564 (P=0.564>0.05). hasil tersebut menunjukkan tidak ada perbedaan kecerdasan moral pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tidak adanya perbedaan tersebut disebabkan mean kelompok kontrol lebih tinggi dibanding kelompok eksperimen pada kondisi awal, sehingga peningkatan yang terjadi pada kelompok eksperimen menjadi tidak signifikan jika dibandingkan dengan kelompok kontrol.
Fulltext View|Download
Keywords: Kecerdasan Moral, Storytelling, Anak Usia Sekolah.

Article Metrics:

  1. Berns, R.M. (2007). Cild, Family, School, Community : socialization and support 7th Edition. Belmont: Thompson Learning, inc
  2. Borba, M. (2008) . Membangun kecerdasan Moral Tujuh Kebajikan Utama Agar Anak Bermoral Tinggi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  3. Burn, G.W. (2005). 101 Healing Stories For Kids And Teens using metaphors and therapy. Canada: John Wiley & Sons, Inc
  4. Coles, R. (2000). Menumbuhkan Kecerdasan Moral Pada Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  5. Davies, A. (2007). Storytelling in the Classroom Enhancing Oral and Traditional Skills for Teachers. London: Paul Chapman publishing
  6. Hakim, L. (2011). Tahun 2011 Tingkat Kriminalitas Naik 6.3 %. Diakses dari http://ciremaipost.com/index.php/hukum/poljakdilhakiman/874-lhakim.html. 29 mei 2012
  7. Hana, J. (2010). Terapi kecerdasan Anak Dengan Dongeng. Yogyakarta: Berlian Media
  8. Limanto, S. (2008). Peningkatan Minat Dan Kemampuan Anak Usia Pra Sekolah Untuk Belajar Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Komputer Aided Learning. Gematika Jurnal Manajemen Informatika, Volume 9 Nomor 2, Juni 2008, 113-119
  9. Luluk, (2005). Pengaruh Buku Bacaan Fiksi Realistis Terhadap Perkembangan Penalaran Moral Anak Usia Operasional Konkret. Skripsi. (Tidak dipublikasikan). Semarang: Universitas Diponedoro
  10. Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B.N. (2008). Psilologi Eksperimen. Jakarta: Indeks
  11. Somadi, M.M.Farid., & Alia, P. (2012). The Effect Of A Story – Based Programme On Developing Moral Values At The Kindergarten Stage. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business. Volume 4 Nomor 7, November 2012, 534-559
  12. Sumardji,. M.HAM,. Fanani, Z,. Syamsudin, U,. Sugito,. Priyana, N, & Sugani. (2008). Teknik Bercerita. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.