Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI7365, author = {Masitha Wardhani and Zaenal Abidin and Dini D.}, title = {HUBUNGAN ANTARA IKLIM SEKOLAH DENGAN KEMANDIRIAN SISWA SMA PONDOK MODERN SELAMAT KENDAL}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {2}, number = {3}, year = {2013}, keywords = {Kemandirian, Iklim Sekolah, Siswa SMA Pondok}, abstract = { Remaja merupakan periode perkembangan kearah kemandirian. Kemandirian merupakan kemampuan membuat keputusan, berinisiatif, memiliki tanggung jawab, dan tidak mudah tergantung dengan orang lain. Kemandirian remaja yang berstatus sebagai siswa di pondok dapat dilihat dengan cara mengetahui iklim sekolah. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara iklim sekolah dengan kemandirian siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal.Populasi dalam penelitian ini adalah 24 kelas dengan sampel penelitian sebanyak sembilan kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Prosedur cluster random sampling adalah pengambilan sampel yang dilakukan dengan melakukan randomisasi terhadap kelompok. Pengumpulan data menggunakan skala kemandirian yang terdiri dari 25 aitem (α=0,829) dan skala iklim sekolah yang terdiri dari 40 aitem (α=0,919).Analisis regresi sederhana menunjukkan r xy =0,477 dengan p=0,000 (p<0,05), artinya ada hubungan positif yang signifikan antara iklim sekolah dengan kemandirian siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin positif iklim sekolah maka semakin tinggi kemandirian. Sebaliknya, semakin negatif iklim sekolah maka semakin rendah kemandirian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal berada dalam kategori yang tinggi dan memiliki iklim sekolah yang positif. Iklim sekolah memberikan sumbangan efektif terhadap variabel kemandirian sebesar 22,8% sedangkan 77,2% berasal dari faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. }, issn = {2829-1859}, pages = {410--421} doi = {10.14710/empati.2013.7365}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7365} }
Refworks Citation Data :
Remaja merupakan periode perkembangan kearah kemandirian. Kemandirian merupakan kemampuan membuat keputusan, berinisiatif, memiliki tanggung jawab, dan tidak mudah tergantung dengan orang lain. Kemandirian remaja yang berstatus sebagai siswa di pondok dapat dilihat dengan cara mengetahui iklim sekolah. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara iklim sekolah dengan kemandirian siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal.Populasi dalam penelitian ini adalah 24 kelas dengan sampel penelitian sebanyak sembilan kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Prosedur cluster random sampling adalah pengambilan sampel yang dilakukan dengan melakukan randomisasi terhadap kelompok. Pengumpulan data menggunakan skala kemandirian yang terdiri dari 25 aitem (α=0,829) dan skala iklim sekolah yang terdiri dari 40 aitem (α=0,919).Analisis regresi sederhana menunjukkan rxy=0,477 dengan p=0,000 (p<0,05), artinya ada hubungan positif yang signifikan antara iklim sekolah dengan kemandirian siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin positif iklim sekolah maka semakin tinggi kemandirian. Sebaliknya, semakin negatif iklim sekolah maka semakin rendah kemandirian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal berada dalam kategori yang tinggi dan memiliki iklim sekolah yang positif. Iklim sekolah memberikan sumbangan efektif terhadap variabel kemandirian sebesar 22,8% sedangkan 77,2% berasal dari faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University