skip to main content

PENGARUH PENERAPAN MODIFIKASI PERILAKU TOKEN ECONOMY TERHADAP EFIKASI DIRI AKADEMIK MATA PELAJARAN BAHASA JAWA PADA SISWA SDN KARANGANYAR GUNUNG 02-03 (Studi Eksperimental)

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Efikasi diri akademik yang rendah pada diri siswa akan mempengaruhi performansi ketika menghadapi tuntutan akademik pada mata pelajaran Bahasa Jawa. Strategi yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan efikasi diri siswa adalah dengan memberikan penguatan. Modifikasi perilaku token economy merupakan pengembangan dari prinsip penguatan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan modifikasi perilaku token economy terhadap peningkatan efikasi diri akademik mata pelajaran Bahasa Jawa.

 Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Karanganyar Gunung 02-03 menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah desain eksperimen kuasi dengan desain non-randomized pretest – posttest control group design. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok secara non-randomized, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berdasarkan kelas yang tersedia. Subjek penelitian kelompok eksperimen 22 siswa, sedangkan subjek kelompok kontrol 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Efikasi Diri Akademik Mata pelajaran Bahasa Jawa.

Hasil pengujian hipotesis menggunakan Paired sample t-test menunjukkan adanya peningkatan nilai skor, ditunjukkan perbedaan mean sebesar 2,68 dengan nilai signifikansi yang kurang dari 0,05 (p=0,001 < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan efikasi diri akademik mata pelajaran Bahasa Jawa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent sample t-test menunjukkan adanya perbedaan nilai skor, ditunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu (p=0,01 < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan skor efikasi diri akademik mata pelajaran Bahasa Jawa yang mendapat perlakuan berupa modifikasi perilaku token economy dengan kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Modifikasi perilaku token economy menjadi salah satu cara untuk meningkatkan efikasi diri akademik mata pelajaran Bahasa Jawa siswa SDN Karanganyar Gunung 02-03.

Fulltext View|Download
Keywords: Efikasi diri akademik mata pelajaran Bahasa Jawa, Modifikasi perilaku token economy, Siswa SDN Karanganyar Gunung 02-03.

Article Metrics:

  1. Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman and Comapany
  2. Dinas Pendidikan. (2010). Kurikulum Muatan Lokal, GBPP Bahasa Jawa Pendidikan Dasar. Semarang: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah
  3. Kim, U., Yang, K., & Hwang, K. (2010). Indigenous and Cultural Psychology. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Latipun. (2006). Psikologi Eksperimen, Edisi Kedua. Malang: UMM Press
  5. Mulyana. (2006, Juli). Menjadikan Bahasa Jawa Sebagai Mata Pelajaran Favorit Mengapa Tidak? (Evaluasi Pembelajaran Bahasa Jawa saat ini). Makalah dipresentasikan pada Kongres Bahasa Jawa IV, Semarang
  6. Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan, Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jilid I (Alih Bahasa: Wahyu Indianti). Jakarta: Erlangga
  7. Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan, Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jilid II (Alih Bahasa: Amitya Kumara). Jakarta: Erlangga
  8. Prihandono, A. (2012). Kearifan Lokal Pranata Teknologi dan Kelembagaan pada Beberapa Rumah Tradisional Di Indonesia Timur. Jurnal Balai Pengembangan Teknologi Perumahan Tradisional Makassar, Vol 4, No 1, 1-65
  9. Rahayu, E. (2011, November). Pembelajaran Bahasa Jawa Sebagai Wahana Pembentukan Watak Pekerti Bangsa (Penerapan Unggah-Ungguh Berbahasa). Makalah dipresentasikan pada Kongres Bahasa Jawa V, Surabaya
  10. Santrock, J. W. (2011). Psikologi Pendidikan, Edisi kedua (Alih Bahasa: Tri Wibowo B.S). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  11. Sujadi. (2003, Mei). Budi pekerti pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa. Makalah diseminarkan pada Forum Ilmiah, Kabupaten Banjarnegara
  12. Zimmerman, B. J. (2002). Self Efficacy and Educational Development. In Albert, B (Eds.), Self Efficacy In Changing Societies (pp. 202-228). New York: Cambridge University Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.