skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP ATMOSFER TOKO DENGAN PEMBELIAN ULANG DI GELAEL SWALAYAN MALL CIPUTRA SEMARANG PADA ANGGOTA DHARMA WANITA PERSATUAN KOTA SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Kondisi perkembangan bisnis retail modern yang semakin berkembang pesat menuntut retailer untuk berusaha menjadi yang terbaik dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satu caranya adalah menampilkan atmosfer toko. Persepsi terhadap atmosfer toko adalah penilaian konsumen pada karakteristik fisik toko, komunikasi visual, dekorasi, dan lingkungan sekitar toko. Atmosfer toko yang menarik dapat menimbulkan kemungkinkan untuk melakukan pembelian berulang. Pembelian ulang adalah pembelian yang pernah dilakukan oleh pembeli terhadap suatu produk yang sama, dan akan membeli lagi untuk kedua atau ketiga kalinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap atmosfer toko dengan pembelian ulang di Gelael Swalayan Mall Ciputra Semarang pada anggota Dharma Wanita Persatuan Kota Semarang.

Penelitian ini melibatkan sampel yang berjumlah 75 orang dari total populasi sebanyak 85 orang anggota Dharma Wanita Persatuan Kota Semarang, yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah Skala Persepsi terhadap Atmosfer Toko (22 aitem α = 0,913) dan Skala Pembelian Ulang (18 aitem α = 0,873) yang telah diujicobakan kepada 35 anggota Dharma Wanita Persatuan Kota Semarang.

Hasil analisis data dengan metode analisis regresi sederhana menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,404 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan arah hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap atmosfer toko dengan pembelian ulang di Gelael Swalayan Mall Ciputra Semarang pada anggota Dharma Wanita Persatuan Kota Semarang. Persepsi terhadap atmosfer toko memberikan sumbangan efektif sebesar 16,3% pada pembelian ulang di Gelael Swalayan Mall Ciputra Semarang pada anggota Dharma Wanita Persatuan Kota Semarang.

Fulltext View|Download
Keywords: Persepsi, Atmosfer Toko, Pembelian Ulang

Article Metrics:

  1. Berman, Barry & Evans, Joel R. 2007. Retail Management ‘A Strategy Approach’ Tenth Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall
  2. Dharmmesta, Basu Swastha & Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE
  3. Hawkins, Del I., Mothersbaugh, David L., & Best, Roger J. 2007. Consumer Behavior Building Marketing Strategy Tenth Edition. New York: McGraw-Hill
  4. Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
  5. Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Kota: PT Indeks
  6. Ma’ruf, Hendri. 2005. Pemasaran Retail. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  7. Mowen, J.C. & Minor, M. 2002. Perilaku Konsumen Edisi Kelima Jilid 2. Jakarta: Erlangga
  8. Schiffman, Leon & Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Indeks
  9. Puspitasari, Diana. 2006. Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Tesis. Program Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro
  10. Sopiah & Syihabudhin. 2008. Manajemen Bisnis Retail. Yogyakarta: Andi
  11. Sukmana, O. 2003. Dasar-dasar Psikologi Lingkungan. Malang: UMM Press
  12. Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia
  13. Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.