skip to main content

PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA BARU DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

1Poltekkes Kemenkes Semarang, Indonesia

2Jl Tirto Agung, Pedalangan, Semarang, Indonesia 50268, Indonesia

Received: 8 Jul 2025; Available online: 30 Aug 2025; Published: 29 Sep 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Pada proses pendidikan, para siswa perlu membekali dirinya dengan kemampuan mengelola emosi. Adanya pengelolaan emosi yang baik akan sangat membantu kelancaran aktivitas akademik terutama para siswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkatan kecerdasan emosional pada siswa baru laki-laki dan perempuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian sebanyak 256 siswa baru SMP N 1 Baturetno yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024. Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu total sampling sehingga seluruh anggota populasi terlibat dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala kecerdasan emosional yang disusun berdasarkan aspek kecerdasan emosional yang dikembangkan oleh Goleman (2015). Data dalam penelitian ini diolah menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis komparatif Uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa baru pada jenjang SMP memiliki kecerdasan emosional dalam kategorisasi yang tinggi; 2) terdapat perbedaan kecerdasan emosional pada siswa bari jenjang SMP ditinjau dari jenis kelamin dengan hasil sig = 0.001 (sig. < 0.05); 3) tingkat kecerdasan emosional siswa baru perempuan lebih tinggi daripada siswa baru laki-laki.

Fulltext View|Download
Keywords: jenis kelamin; kecerdasan emosional; siswa

Article Metrics:

  1. Alfaruqy, M. Z. (2023). Parental social support and emotional intelligence of third-year junior high school students. Jurnal Neo Konseling, Vol 5(2), 45-53. https://doi.org/10.24036/00716kons2023
  2. Anggraini, S. A. V. (2024). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa di SMA 1 Karangtengah. Skripsi
  3. Fathiyah, K. N. (2021). Academic stress and its sources among junior high school students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Vol 657, 129-141
  4. Faudillah, A. N., Khadijah, Putri, H. A., Munthe. A. F., & Ramdhani, A. S. (2024). Peran guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional pada anak. Jurnal Pendidikan dan Riset Vol 2(1), 13-18
  5. Fernandez-Berrocal, P., Cabello, R., Castillo, R., & Extremera, N. (2012). Gender differences in emotional intelligence: The mediating effect of age. Behavioral Psychology / Psicología Conductual, Vol 20(1), 77-89
  6. Fiori, M., & Vesely-Maillefer. (2018). Emotional intelligence as an ability: Theory, challenges, and new directions. in K. V. Keefer et al. (eds.), Emotional Intelligence in Education (pp 23-47). The Springer Series on Human Exceptionality. https://doi.org/10.1007/978-3-319-90633-1_2
  7. Fitriyani, F. D., & Mustikasari. (2023). Hubungan dukungan sosial dan kecerdasan emosional terhadap tingkat stress siswa SMP di Jakarta Timur. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Vol 8(2), 74-83. https://doi.org/10.32419/jppni.v8i2.471
  8. Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional mengapa El lebih penting daripada IQ. PT. Gramdeia Pustaka Utama
  9. Handaru, S. S., Maria, L., & Sari, N. L. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Keperawatan Malang, Vol 7(1), 30-42
  10. Hanifa, F. J., & Hidayah, D. N. (2025). Pengaruh literasi terhadap kecerdasan emosional anak usia 5 hingga 10 tahun. Jurnal Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik dan Kebijakan Negara Vol 2(1), 113-121. https://doi.org/10.62383/komunikasi.v2i1.147
  11. Kiftiya. (2017). Hubungan kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri pada siswa baru SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari Malang. Skripsi
  12. Mayer, J. D., Caruso, D. R., & Salovey, P. (2016). The ability model of emotional intelligence: Principles and updates. USA
  13. Murni, S. N., Bancin. W, Azizah, F. N, & Arlina, A. (2024). Peran bimbingan konseling terhadap perkembangan emosional siswa. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, Vol 2(4), 161-169. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i4.1101
  14. Newman, S. D. (2016). Differences in cognitive ability and apparent sex differences in corpus callosum size. Psychological Research. https://doi.org/10.1007/s00426-015-0688-3
  15. Pertiwi, H., Zakiyah., Sutandi, A. (2020). Status perkembangan dan identitas diri remaja di SMP Negeri 49 Kramat Jati Jakarta Timur. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana, Vol 3(1), 97-103
  16. Ratnasari, S., & Suleeman, J. (2017). Perbedaan regulasi emosi perempuan dan laki-laki di perguruan tinggi. Jurnal Psikologi Sosial, Vol 15(01), 35-46. https://doi.org/10.7454/jps.2017.4
  17. Retnoningtyas, D. W., & Dewi, N. N. A. I. (2025). Profile of emotional intelligence of junior high school students. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, Vol 7(1), 1-10. https://doi.org/10.26555/jptp.v7i1.30262
  18. Romer, N., Ravitch, K., Tom, K., & Merrell, K. W. (2011). Gender differences in positive social emotional fuctioning. Psychology in the Schools, Vol 48(10), 958-970. https://doi.org/10.1002/pits.20604
  19. Saklofske, D. H., Austin, E. J., Mastoras, S. M., Beaton, L., & Osborne, S. E. (2012). Relationships of personality, affect, emotional intelligence and coping with student stress and academic success: Different patterns of association for stress and success. Learning and Individual Differences, Vol 22, 251–257. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2011.02.010
  20. Santrock, J. W. (2018). Life-span development (17 th edition). McGraw-Hill
  21. Yuliani, A. (2014). Strategi mengembangkan kecerdasan emosional siswa dalam pendidikan karakter di smart ekselensia Indonesia. Skripsi
  22. Zubaidah., & Mahmud. S. (2025). Peran orang tua dalam mengelola kecerdasan emosional anak menurut perspketif islam. FATHIR: Jurnal Studi Islam, Vol 2(1), 96-112. https://doi.org/10.71153/fathir.v2i1.195

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.