1Poltekkes Kemenkes Semarang, Indonesia
2Jl Tirto Agung, Pedalangan, Semarang, Indonesia 50268, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI52747, author = {Isnaeni Sari}, title = {PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA BARU DITINJAU DARI JENIS KELAMIN}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {14}, number = {4}, year = {2025}, keywords = {jenis kelamin; kecerdasan emosional; siswa}, abstract = { Pada proses pendidikan, para siswa perlu membekali dirinya dengan kemampuan mengelola emosi. Adanya pengelolaan emosi yang baik akan sangat membantu kelancaran aktivitas akademik terutama para siswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkatan kecerdasan emosional pada siswa baru laki-laki dan perempuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian sebanyak 256 siswa baru SMP N 1 Baturetno yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024. Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu total sampling sehingga seluruh anggota populasi terlibat dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala kecerdasan emosional yang disusun berdasarkan aspek kecerdasan emosional yang dikembangkan oleh Goleman (2015). Data dalam penelitian ini diolah menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis komparatif Uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa baru pada jenjang SMP memiliki kecerdasan emosional dalam kategorisasi yang tinggi; 2) terdapat perbedaan kecerdasan emosional pada siswa bari jenjang SMP ditinjau dari jenis kelamin dengan hasil sig = 0.001 (sig. < 0.05); 3) tingkat kecerdasan emosional siswa baru perempuan lebih tinggi daripada siswa baru laki-laki. }, issn = {2829-1859}, pages = {330--337} doi = {10.14710/empati.2025.52747}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/52747} }
Refworks Citation Data :
Pada proses pendidikan, para siswa perlu membekali dirinya dengan kemampuan mengelola emosi. Adanya pengelolaan emosi yang baik akan sangat membantu kelancaran aktivitas akademik terutama para siswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkatan kecerdasan emosional pada siswa baru laki-laki dan perempuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian sebanyak 256 siswa baru SMP N 1 Baturetno yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024. Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu total sampling sehingga seluruh anggota populasi terlibat dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala kecerdasan emosional yang disusun berdasarkan aspek kecerdasan emosional yang dikembangkan oleh Goleman (2015). Data dalam penelitian ini diolah menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis komparatif Uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa baru pada jenjang SMP memiliki kecerdasan emosional dalam kategorisasi yang tinggi; 2) terdapat perbedaan kecerdasan emosional pada siswa bari jenjang SMP ditinjau dari jenis kelamin dengan hasil sig = 0.001 (sig. < 0.05); 3) tingkat kecerdasan emosional siswa baru perempuan lebih tinggi daripada siswa baru laki-laki.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JP]. The copyright form should be signed originally, scanned and uploaded as supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University