Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI5255, author = {Efi Wulansari and Dinie Desiningrum}, title = {HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN PROBLEMFOCUSED COPING PADA SANTRI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL BURHAN HIDAYATULLAH}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {2}, number = {3}, year = {2013}, keywords = {self efficacy, problem focused coping, santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah}, abstract = { Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan problem focused coping pada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah. P roblem focused coping adalah usaha individu yang berorientasi pada pemecahan atau penyelesaian masalah dengan cara menghadapi langsung sumber masalah, serta mengubahsituasi yang menimbulkan masalah dengan melakukan tindakan yang konstruktif dan mempelajari cara-cara atau keterampilan baru. Self efficacy merupakan suatu keyakinan individu akan kemampuan atau kompetensi yang dimiliki dalam melaksanakan pekerjaan atau tugas pada situasi tertentu sehingga akan memperoleh hasil yang diharapkan. Penelitian dilakukan pada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah. Enam kelas populasi penelitian, melalui metode cluster random sampling didapatkan sampel penelitian sejumlah tiga kelas, yaitu satu kelas putri dan dua kelas putra. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala self efficacy yang berjumlah21 aitem valid(koefisien reliabilitas= 0,895) dan skala problem focused coping yang berjumlah45aitem valid (koefisien reliabilitas= 0,950). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan r xy = 0,749 dengan p= 0,000 (p<0,05). Nilai r xy positif menunjukkan bahwa arah hubungan kedua variabel adalah positif, yaitu semakin tinggi self efficacy maka semakin tinggi pula problem focused coping pada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah. Hal itu berlaku pula sebaliknya, semakin rendah self efficacy maka semakin rendah pula problem focused coping pada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah. Sumbangan efektif self efficacy terhadap problem focused coping pada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah sebesar 56,1%. }, issn = {2829-1859}, pages = {94--101} doi = {10.14710/empati.2013.5255}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/5255} }
Refworks Citation Data :
Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan problem focused copingpada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah. Problem focused coping adalah usaha individu yang berorientasi pada pemecahan atau penyelesaian masalah dengan cara menghadapi langsung sumber masalah, serta mengubahsituasi yang menimbulkan masalah dengan melakukan tindakan yang konstruktif dan mempelajari cara-cara atau keterampilan baru.Self efficacy merupakan suatu keyakinan individu akan kemampuan atau kompetensi yang dimiliki dalam melaksanakan pekerjaan atau tugas pada situasi tertentu sehingga akan memperoleh hasil yang diharapkan.
Penelitian dilakukan pada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah. Enam kelas populasi penelitian, melalui metode cluster random samplingdidapatkan sampel penelitian sejumlah tiga kelas, yaitu satu kelas putri dan dua kelas putra. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala self efficacyyang berjumlah21 aitem valid(koefisien reliabilitas= 0,895) dan skala problem focused coping yang berjumlah45aitem valid (koefisien reliabilitas= 0,950).
Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan rxy = 0,749 dengan p= 0,000 (p<0,05). Nilai rxy positif menunjukkan bahwa arah hubungan kedua variabel adalah positif, yaitu semakin tinggi self efficacy maka semakin tinggi pula problem focused copingpada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah. Hal itu berlaku pula sebaliknya, semakin rendah self efficacy maka semakin rendah pula problem focused coping pada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah. Sumbangan efektif self efficacy terhadap problem focused coping pada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah sebesar 56,1%.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University