skip to main content

HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN PROBLEMFOCUSED COPING PADA SANTRI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL BURHAN HIDAYATULLAH

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 24 Aug 2013.

Citation Format:
Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan problem focused copingpada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah. Problem focused coping adalah usaha individu yang berorientasi pada pemecahan atau penyelesaian masalah dengan cara menghadapi langsung sumber masalah, serta mengubahsituasi yang menimbulkan masalah dengan melakukan tindakan yang konstruktif dan mempelajari cara-cara atau keterampilan baru.Self efficacy merupakan suatu keyakinan individu akan kemampuan atau kompetensi yang dimiliki dalam melaksanakan pekerjaan atau tugas pada situasi tertentu sehingga akan memperoleh hasil yang diharapkan.

Penelitian dilakukan pada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah. Enam kelas populasi penelitian, melalui metode cluster random samplingdidapatkan sampel penelitian sejumlah tiga kelas, yaitu satu kelas putri dan dua kelas putra. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala self efficacyyang berjumlah21 aitem valid(koefisien reliabilitas= 0,895) dan skala problem focused coping yang berjumlah45aitem valid (koefisien reliabilitas= 0,950).

Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan rxy = 0,749 dengan p= 0,000 (p<0,05). Nilai rxy positif menunjukkan bahwa arah hubungan kedua variabel adalah positif, yaitu semakin tinggi self efficacy maka semakin tinggi pula problem focused copingpada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah. Hal itu berlaku pula sebaliknya, semakin rendah self efficacy maka semakin rendah pula problem focused coping pada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah. Sumbangan efektif self efficacy terhadap problem focused coping pada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah sebesar 56,1%.

Fulltext View|Download
Keywords: self efficacy, problem focused coping, santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah

Article Metrics:

  1. Bandura. 1997. Self Efficacy; The Exercice of Control. New York: W.H. Freeman and Company
  2. Damopolii, Muljono. 2011. Pesantren Modern IMMIM Pencetak Muslim Modern. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
  3. Feist, Jess., Feist, Gregory J. 2008. Theories of Personality; edisi keenam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Frydenber, Erica. 2008. Adolescent coping: advances in theory, research, and practice. New York: Routledge
  5. Prasetya, Veronika., Handayani, Dwi dan Purbandari, Theresia. 2013. Peran Kepuasan Kerja, Self Estem, Self Efficacy Terhadap Kinerja Individual. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi. Vol. 1. No. 1
  6. Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2013. Jakarta: Sinar Grafika

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.