skip to main content

HUBUNGAN ANTARA CUSTOMER ENGAGEMENT DENGAN KEPERCAYAAN MEREK FASHION DARI UKM PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponergoro, Indonesia, Indonesia

Received: 14 May 2024; Published: 11 Jul 2024.
Open Access Copyright 2024 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menjadi salah satu unit usaha di masyarakat yang berperan penting dalam perekonomian di Indonesia. Sayangnya, sampai saat ini produk UKM belum banyak dilirik oleh masyarakat karena kurangnya pengetahuan pemilik UKM tentang pentingnya pemasaran. Maka dari itu, produk-produk milik UKM membutuhkan berbagai aktivitas pemasaran agar lebih dekat secara psikologis, sehingga UKM dapat memperoleh kepercayaan masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara customer engagement dengan kepercayaan merek produk fashion UKM pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Penelitian ini melibatkan sebanyak 141 mahasiswa dengan teknik incidental random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala customer engagement (29 aitem, α=.912) dan skala brand trust (37 aitem, α=.923). Hasil analisis regresi menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara customer engagement dengan brand trust pada mahasiswa. Customer engagement memberikan sumbangan efektif sebesar 37.6% pada brand trust.

Fulltext View|Download
Keywords: customer engagement; brand trust; UKM

Article Metrics:

  1. Bowden, J. (2009). The process of customer engagement: A conceptual framework. Journal of Marketing Theory and Practice, 17(1), 63–74. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679170105
  2. Buttle, F. (2007). Custamer relationship management: Concept and tools. Bayumedia Publishing
  3. Delener, N. (2012). Service, science, research, strategy, and innovation: Dynamic knowledge management methods. No Title. United States of America: University Business Science Reference
  4. Delgado, E. (2005). Does brand trust matter to brand equity?. The Journal of Product and Brand Management, 14(3), 187-196
  5. Hollebeek, L. D. (2011). Demystifying customer brand engagement: Exploringthe loyalty nexus. Journal of Marketing Management, 27(7-8), 785–807. https://doi.org/10.1080/0267257X.2010.500132
  6. Kotler, K. (2009). Manajemen pemasaran 1 (Edisi 13). Erlangga
  7. Sugiyono. (2010). Metode penelitian bisnis. Alfabeta
  8. Tjiptono, F. (2000). Perspektif manajemen dan pemasaran kontemporer. Penerbit Andi
  9. Vivek, S. D., Beatty, S. E., & Morgan, R. M. (2012). Customer engagement: Exploring customer relationships beyond purchase. Journal of Marketing Theory and Practice, 20(2), 122–146. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679200201

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.