Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI38634, author = {Hanifa Syafani and Muhammad Alfaruqy}, title = {HUBUNGAN ANTARA SOCIAL MEDIA ENGAGEMENT DENGAN BODY-ESTEEM PADA SISWI SMAN 1 SALATIGA PENGGUNA INSTAGRAM}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {12}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {body-esteem; Instagram; perempuan; social media engagement}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara social media engagement dengan body-esteem pada remaja perempuan pengguna Instagram. Desain penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasi. Media penggalian data menggunakan skala cetak yang disebar kepada responden, yaitu siswa perempuan di SMA Negeri 1 Salatiga berusia 14-18 tahun. Partisipan penelitian berjumlah 247 siswa yang ditentukan dengan stratified cluster sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala social media engagement pada platform Instagram ( n = 33, α = 0,925) dan skala body-esteem (n = 32, α = 0,935). Hasil analisis Kendall’s tau-b menunjukkan adanya hubungan signifikan antara social media engagement dan body-esteem , dengan indikasi arah hubungan negatif (𝜏 b = -0,098, p < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan arah negatif antara social media engagement dan body-esteem pada siswa perempuan SMA Negeri 1 Salatiga pengguna Instagram. Berdasarkan hasil penelitian, maka rekomendasi yang diberikan adalah sekolah perlu mengadakan kegiatan yang membuat para siswa lebih aktif berinteraksi di dunia nyata dan mengurangi tingkat social media engagement yang berlebihan dalam diri para siswa. }, issn = {2829-1859}, pages = {154--160} doi = {10.14710/empati.2023.38634}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/38634} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara social media engagement dengan body-esteem pada remaja perempuan pengguna Instagram. Desain penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasi. Media penggalian data menggunakan skala cetak yang disebar kepada responden, yaitu siswa perempuan di SMA Negeri 1 Salatiga berusia 14-18 tahun. Partisipan penelitian berjumlah 247 siswa yang ditentukan dengan stratified cluster sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala social media engagement pada platform Instagram (n = 33, α = 0,925) dan skala body-esteem (n = 32, α = 0,935). Hasil analisis Kendall’s tau-b menunjukkan adanya hubungan signifikan antara social media engagement dan body-esteem, dengan indikasi arah hubungan negatif (𝜏b = -0,098, p < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan arah negatif antara social media engagement dan body-esteem pada siswa perempuan SMA Negeri 1 Salatiga pengguna Instagram. Berdasarkan hasil penelitian, maka rekomendasi yang diberikan adalah sekolah perlu mengadakan kegiatan yang membuat para siswa lebih aktif berinteraksi di dunia nyata dan mengurangi tingkat social media engagement yang berlebihan dalam diri para siswa.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University