skip to main content

HUBUNGAN ANTARA EMOTIONAL LABOR DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PT. MERAPI ADHIKARI PRATAMA YOGYAKARTA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 11 Jan 2022; Published: 11 Jan 2022.
Open Access Copyright 2021 Jurnal EMPATI under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui hubungan antara emotional labor (EL) dengan organizational citizenship behavior (OCB) pada karyawan PT. Merapi Adhikari Pratama Yogyakarta. OCB adalah sebuah ragam perilaku extra role yang dilakukan oleh karyawan secara suka rela tanpa paksaan karena individu karyawan memiliki altruism, toleransi, dan saling memiliki tanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dengan rekan kerja. Emotional labor merupakan kemampuan karyawan dalam mengendalikan emosi yang digunakan untuk menampilkan emosi yang diharapkan untuk mencapai tujuan dari sebuah organisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 207 karyawan Ticketing Gates Access (TGA) Trans Jogja dengan sampel sebanyak 145 karyawan. Teknik sampling dilakukan dengan menggukan simple random sampling. Kemudian, Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Skala Emotional Labor (31 aitem; α = 0,954) dan Skala Organizational Citizenship Behavior (34 aitem; α = 0,952). Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis korelasi Spearman’s Rho menunjukan bahwa terdapat adanya hubungan positif yang signifikan antara emotional labor dengan OCB pada karyawan PT. Merapi Adhikari Pratama ( = 0,743; p = 0,000), dimana semakin positif emotional labor, maka semakin tinggi OCB terjadi. Begitu pula, semakin negatif OCB karyawan, maka akan semakin rendah pula emotional labor terjadi.

 

 

Fulltext View|Download
Keywords: emotional labor; karyawan ticketing gates access (TGA) Trans Jogja; organization citizenship behavior

Article Metrics:

  1. Gesya Arsih Windhani, & K. S. D. (2016). Emotional labor dan Organizational citizenship behavior pada perawat RSUD Dr. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. 5(1), 60–63
  2. Guy, M. E., Newman, M. A., & Mastracci, S. H. (2008). Emotional Labor: Putting the service in public service. M.E. Sharpe
  3. Hochschild, A. R. (2012). The managed heart: Commercialization of human feeling. University of California Press
  4. Hülsheger, U. R., & Schewe, A. F. (2011). On the costs and benefits of emotional labor: A meta-analysis of three decades of research. Journal of Occupational Health Psychology, 16(3), 361–389
  5. Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Penerbit Erlangga
  6. Kiffin-Petersen, S. A., Jordan, C. L., & Soutar, G. N. (2011). The big five, emotional exhaustion and citizenship behaviors in service settings: The mediating role of emotional labor. Personality and Individual Differences, 50(1), 43–48
  7. Meilina, R., & Widodo, M. W. (2018). Kepuasan kerja, komitmen organisasi, Organizational Citizenship Behaviour (OCB) dan pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan publik. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 49–57
  8. Organ, D. W., Podsakoff, P. M., & MacKenzie S. P. (2006). Organizational citizenship behavior: Its nature, antecedents, and consequences. Sage Publication
  9. Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah klasifikasi aspek dan arah perkembangan riset. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17
  10. Pratama, A. (2017). Hubungan kepemimpinan transformational dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) perawat (Studi pada perawat RSIA Eria Bunda Pekanbaru). JOM FISIP, 4(2), 1-13
  11. Ramachandran, Y., Jordan, P. J., Troth, A. C., & Lawrence, S. A. (2011). Emotional intelligence, emotional labour and organisational citizenship behaviour in service environments. International Journal of Work Organisation and Emotion, 4(2), 136–157
  12. Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational behavior(7thed.). Pearson Education Limited
  13. Stets, J. E., & Turner, J. H. (2006). Handbook of the sociology of emotions. Springer Science & Business Media
  14. Stoner, J., Perrewé, P. L., & Munyon, T. P. (2011). The role of identity in extra-role behaviors: Development of a conceptual model. Journal of Managerial Psychology, 26(2), 94–107
  15. Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta
  16. Ugrin, J. C., Pearson, J. M., & Odom, M. D. (2007) Profilinf cyber-slakers in the workplace: Demographic, cultural and workplace factors. Journal of Internet Commerce, 6(3), 75-89

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.