skip to main content

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI AKADEMIK DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA BOARDING SCHOOL DI MADRASAH TSANAWIYYAH NU ASSALAM DAN MADRASAH TSANAWIYYAH AMTSILATI

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 25 Jun 2021; Published: 25 Jun 2021.
Open Access Copyright 2021 Jurnal EMPATI under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri akademik dengan penyesuaia diri pada siswa boarding school di MTs NU Assalam dan MTs Amtsilati. Penyesuaian diri didefinisikan sebagai kemampuan individu untuk merespon dalam menghadapi tuntutan dan permasalahan yang terjadi pada lingkungan agar dapat mencapai keselarasan antara diri sediri dengan lingkungan. Efikasi diri akademik merupakan keyakinan diri seseorang terhadap kemampuannya dalam melaksanakan dan menyelesaikan tugas akademik sehingga mampu mengatasi kendala-kendala dan dapat mencapai tujuan akademik. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa boarding school MTs NU Assalam dan MTs Amtsilati yang berjumlah 420 siswa dengan sampel penelitian 201 siswa, Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu Skala Efikasi Diri Akademik (25 item, α= 0,861) dan Skala Penyesuaian Diri (23 item, α= 0,820). Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis non parametrik dengan Spearman Rank, berdasarkan uji korelasi Spearman Rank diperoleh nilai (rs= 0,670; p=<0,005), sehingga terdapat hubungan positif antara efikasi diri akademik dengan penyesuaian diri pada siswa boarding school di MTs NU Assalam dan MTs Amtsilati. 

Fulltext View|Download
Keywords: efikasi diri akademik, penyesuaian diri, siswa boarding school

Article Metrics:

  1. Agustiani, H. (2009). Psikologi perkembangan. Aditama
  2. Alma’soem. (2015, April 1). Boarding school sebuah alternatif di era globalisasi. Alma’soem. https://almasoem.sch.id/boarding-school-sebuah-alternatif-di-era-globalisasi/
  3. Alwisol. (2008). Psikologi kepribadian edisi revisi. Universitas Muhammadiyah Malang Press
  4. Bandura, A. (1997). Self efficacy the exercise of control. W.H.Freeman and Company
  5. Dhofier. Z. (2011). Tradisi pesantren studi pandang hidup kyai dan visinya mengenai masa depan Indonesia. LP3ES
  6. Haber, A., & Runyon, R. P. (1984). Psychology of adjustment. Raja Grafindo Persada
  7. Hartono, A., & Sunarto. (2013). Perkembangan peserta didik. Rineka Cipta
  8. Fitri, L. N. (2017). Pengaruh penyesuaian diri dan penyesuaian sosial terhadap prestasi akademik siswa. Jurnal Reset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 8(3), 454-464
  9. Hurlock, E. B. (1997). Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga
  10. Myers, G. D. (2012). Psikologi sosial. Salemba Humanika
  11. Mahmudi, H. M., & Sunarto. (2014). Efikasi diri, dukungan sosial dan penyesuaian diri dalam belajar. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 3(2), 183-194
  12. Pritaningrum, M., & Hendriana, W. (2013). Penyesuaian diri remaja yang tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izza Gresik pada tahun pertama. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 3(2), 134-143
  13. Rahmayati, E., & Lubis, Z. (2013). Hubungan efikasi diri akademik dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri. Analitika, 5(2), 43-49
  14. Santrock, J. W. (2008). Remaja jilid 2 (11th ed.). Erlangga
  15. Schneiders, A. A. (1995). Personal adjustment and mental health. Holt, Reinhart and Winston Inc
  16. Widayati, S. (2002). Reformasi pendidikan dasar. PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.