skip to main content

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN INTENSI BERWIRAUSAAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Open Access Copyright 2020 Jurnal EMPATI under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Intensi berwirausaha adalah suatu perilaku seseorang yang didasari dengan niat dalam menciptakan suatu usaha baru yang dihadapkan dengan resiko-resiko baik resiko besar maupun kecil yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Motivasi berprestasi didefinisikan sebagai suatu dorongan pada diri individu untuk melakukan suatu kegiatan dan berusaha untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan intensi berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Prodi Pendidikan Tata Kecantikan, Pendidikan Tata Boga, dan Pendidikan Tata Busana angkatan 2015 dan 2016. Sampel ditentukan menggunakan teknik convenience, dengan populasi sebanyak 256 mahasiswa dan sampel sebanyak 146 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan dua skala yaitu Skala Motivasi Berprestasi (22 aitem, α = 0,829) dan Intensi Berwirausaha (43 aitem α = 0,947). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana, dengan nilairxy = 0,502 dengan Signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) dan sumbangan efektif 25,2 %. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Semarang. Semakin tinggi tingkat motivasi berprestasi maka semakin tinggi intensi berwirausaha yang dimiliki mahasiswa, begitu pula sebaliknya.

 

 

 

Fulltext View|Download
Keywords: intensi berwirausaha, mahasiswa, motivasi berprestasi

Article Metrics:

  1. Ajzen, I. (2005). Attitudes personality and behavior. (2nd ed.). New York, NY: Library of Congres Cataloging in Publication Data
  2. Badan Pusat Statistik, (2017, November 6). Agustus 2017, tingkat pengangguran terbuka (tpt) sebesar 5,50 persen. Badan Pusat Statistik https://www.bps.go.id/pressrelease/2017/ 11/06/1377/agustus-2017--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-50-persen.html
  3. Bafirman. (2016). Pembentukan karakter siswa. Jakarta : Kencana
  4. Budiati, Y, Yani, T. E., & Universari, N. (2012). Minat mahasiswa menjadi wirausaha (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Semarang). Jurnal Dnamika Sosbud, 14 (1), 89-101
  5. Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(1), 8-16
  6. Kristanto, Heru. (2009). Kewirausahaan: Entrepreneurship. Yogyakarta: GrahaIlmu
  7. Kemendagri. (2013, Agustus 2). Perkembangan dan solusi masalah pengangguran di Indonesia. Kemendagri. http://keuda.kemendagri.go.id/artikel/detail/19-perkembangan-dan-solusi-masalah-pengangguran-di-indonesia
  8. Koranti, K. (2013). Analisis pengaruh faktor eksternal dan internal terhadap minat berwirausaha. Proceeding PESAT, 5, 1-8. Ranto, D. W. (2016). Membangun perilaku entrepreneur pada mahasiswa melalui entrepreneurship education. JBMA, 3(1), 79-85
  9. Suharyadi, dkk. (2012). Kewirausahaan membangun usaha sukses sejak usia muda. Jakarta: Salemba Empat
  10. Slamet, F., Tunjungsari, H.K, & Ie, M. (2014). Dasar-dasar kewirausahaan : Teori dan praktik. Jakarta : Indeks
  11. Sodikin. (2014). Pengaruh praktik kerja industry dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII Pemasaran SMK Negeri 2 Semarang. Economic Educational Analysis Jorunal, 3(2), 391-398
  12. Situmorang, D. D. (2016, Maret 1). Hubungan antara potensi kreativitas dan motivasi berprestasi mahasiswa program studi bimbingan dan konseling angkatan 2010 FKIP Unika Atma Jaya. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1) 6-9

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.