skip to main content

HUBUNGAN ANTARA IKLIM KESELAMATAN KERJA DENGAN EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA KARYAWAN DIVISI OPERASIONAL INDUSTRI MIGAS PT. TRIHASCO UTAMA

1Universitas Diponegoro, Indonesia

2Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 8 Oct 2020; Published: 21 Jul 2023.
Open Access Copyright 2023 Empati
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Employee engagement pada karyawan perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan, terutama pada perusahaan yang memiliki resiko kecelakaan kerja yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim keselamatan kerja dengan Employee engagement pada karyawan divisi operasional PT. Trihasco Utama. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan tetap divisi operasional dengan masa kerja 1- 6 tahun berjumlah 142 dengan subjek penelitian 103 karyawan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Iklim Keselamatan Kerja (37 aitem; α= 0,943) dan Skala Employee Engagement (25 aitem; α= 0,907). Hasil analisis Spearman’s Rank menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan iklim keselamatan kerja dengan employee engagement pada karyawan divisi operasional (r=0,682; p < 0,05). Hasil koefisien korelasi tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara iklim keselamatan kerja dengan employee engagement pada karyawan divisi operasional PT. Trihasco Utama. Artinya semakin tinggi iklim keselamatan kerja, maka akan diikuti dengan semakin tingginya employee engagement. Begitupun sebaliknya, semakin rendah iklim keselamatan kerja, maka semakin rendah pula employee engagement.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.