Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI27703, author = {Annisa Rahmah and Harlina Nurtjahjanti}, title = {HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL CAPITAL DENGAN INTENSI TURNOVER PADA KARYAWAN MATAHARI DEPARTMENT STORE JAVAMALL SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {10}, number = {2}, year = {2020}, keywords = {intensi turnover, karyawan, psychological capital}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara psychological capital dengan intensi turnover pada karyawan Matahari Department Store Java Mall Semarang . Psychological capital merupakan kondisi kapasitas dasar individu berupa sifat positif yang dapat membantu individu untuk dapat berkembang. Intensi turnover adalah niat atau keinginan individu untuk meninggalkan pekerjaannya. Penelitian ini dilakukan pada karyawan Matahari Department Store Java Mall wilayah Kota Semarang . Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Alat ukur dalam pengambilan data menggunakan skala psychological capital (34 aitem α= 0,917 ) dan skala intensi turvover (27 aitem α= 0,914 ) yang sudah dilakukan uji coba pada 40 orang karyawan . Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana menunjukkan hasil nilai korelasi anntara psychological capital dengan intensi turnover sebesar r xy = 0,405 , dengan nilai p= 0,001 ( p <0,05), r 2 = 0,164 , F= 13,318 , dan β= -0,405. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara psychological capital dengan intensi turnover. Hipotesis dalam penelitian ini diterimadengan sumbangan efektif psychological capital sebesar 16,4% pada intensi turnover , kemudian 83,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain-lain di luar penelitian ini. }, issn = {2829-1859}, pages = {155--162} doi = {10.14710/empati.2020.27703}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/27703} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara psychological capital dengan intensi turnover pada karyawan Matahari Department Store Java Mall Semarang. Psychological capital merupakan kondisi kapasitas dasar individu berupa sifat positif yang dapat membantu individu untuk dapat berkembang. Intensi turnover adalah niat atau keinginan individu untuk meninggalkan pekerjaannya. Penelitian ini dilakukan pada karyawan Matahari Department Store Java Mall wilayah Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Alat ukur dalam pengambilan data menggunakan skala psychological capital (34 aitem α=0,917) dan skala intensi turvover (27 aitem α=0,914) yang sudah dilakukan uji coba pada 40 orang karyawan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana menunjukkan hasil nilai korelasi anntara psychological capital dengan intensi turnover sebesar rxy=0,405, dengan nilai p=0,001 (p<0,05), r2= 0,164, F= 13,318, dan β= -0,405. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara psychological capital dengan intensi turnover. Hipotesis dalam penelitian ini diterimadengan sumbangan efektif psychological capital sebesar 16,4% pada intensi turnover, kemudian 83,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain-lain di luar penelitian ini.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University