skip to main content

GAMBARAN KEPERCAYAAN DIRI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS JURUSAN MANAJEMEN ANGKATAN 2016 UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 25 Mar 2019; Published: 26 Mar 2019.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepercayaan diri berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Jurusan Manajemen angkatan 2016 Universitas Diponegoro. Kepercayaan diri berwirausaha adalah keadaan psikologis seseorang yang memunculkan keyakinan pada individu akan kemampuan berwirausaha pada diri sendiri, tanggung jawab, rasa optimis, rasional, objektif, serta realistis. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro angkatan 2016 dengan karakteristik subjek penelitian yaitu mahasiswa yang tidak memiliki bisnis yang dikelola sendiri serta telah lulus mata kuliah kewirausahaan. Sampel penelitian berjumlah 146 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri berwirausaha (31 aitem valid dengan α= 0,952). Hasil uji kuantitatif deskriptif menunjukkan bahwa mahasiswa angkatan 2016  memiliki kepercayaan diri berwirausaha yang sangat rendah dan hasil uji T menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kepercayaan diri berwirausaha antara mahasiswa laki-laki dan perempuan.

Fulltext View|Download
Keywords: mahasiswa, berwirausaha

Article Metrics:

  1. Afiatin & Andayani. (1998). Peningkatan kepercayaan diri remaja menganggur melalui kelompok dukung lembaga sosial. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Lembaga Penelitian UGM :Yogyakarta. Ghufron, M.N & Risnawita, R.S. (2010). Teori-teori psikologi. Ar- Ruzz: Yogyakarta
  2. Harnas. (2016). Jumlah pengangguran di Indonesia. Diunduh dari http://www.harnas.com/id/en/press-room/2010/JUMLAH-PENGANGGURAN-DI-INDONESIA.html
  3. Indarti & Rostiani. (2008). Intensi kewirausahaan mahasiswa: studi perbandingan antara Indonesia, Jepang dan Norwegia. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Indonesia. Vol. 23 No. 4
  4. Jumaedi, Heri. (2012). Hubungan karakteristik wirausaha terhadap keberhasilan usaha (studi kasus pada pengusaha kecil di Pekalongan). Jurnal Psikologi Terapan Vol. 11, No. 21
  5. Kompasiana. (2016). Kewirausahaan di Indonesia dan negara-negara lalin. Diunduh dari http://www.kompasiana.com/id/en/press-room/2016/WIRAUSAHA-DI-INDONESIA-DAN-NEGARA-NEGARA-LAIN.html
  6. Lauster, Peter. (2002). Tes kepribadian (alih bahasa: D. H. Gulo). Bumi Aksara: Jakarta
  7. Saputra & Susena. (2013). Kontribusi mata kuliah kewirausahaan dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship yang beretika pada mahasiswa prodi PPKn FKIP UAD Yogyakarta. Jurnal Citizenship. Vol 2 no 1
  8. Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung
  9. Unggul. E. (2007). Pengantar kewirausahaan modul. FE UMM :Malang
  10. Zimmerer, T.W. & Scarborough. (2005). Pengantar kewirausahaan dan manajemen bisnis kecil edisi kedua. Prehalindo :Jakarta

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.