skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP IKLAN MEDIA SOSIAL DENGAN INTENSI MEMBELI JASA LAYANAN GRAB-BIKE DALAM APLIKASI GRAB PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 13 Mar 2019; Published: 25 Mar 2019.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap iklan media sosial dengan intensi membeli jasa layanan Grab-bike dalam aplikasi Grab pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro angkatan 2015. Sampel penelitian berjumlah 100 orang yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi, yaitu skala intensi membeli (19 aitem valid dengan α= 0,887) dan skala persepsi terhadap iklan (18 aitem valid dengan α= 0,862). Data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,480 dengan p= 0,00 (p<0,05). Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi terhadap iklan media sosial dengan intensi membeli jasa layanan Grab-bike dalam aplikasi Grab pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Fulltext View|Download
Keywords: persepsi; iklan; media

Article Metrics:

  1. Adisasmita, R. (2010). Pembangunan kawasan dan tata ruang. Yogyakarta: Ghaha Ilmu
  2. Anwar, A. A. (2017). Online vs konvensional: keunggulan dan konflik antar moda transportasi di kota makassar. Jurnal Etnografi Indonesia, 2(2), 220-246
  3. Christina, H., Suhud, U., & Rizan, M. (2018). Analisis penerimaan dan penggunaan teknologi ojek online dengan tam. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 6(1), 34-45. Doi: 10.21009.JPEB.006.1.4
  4. Davis, J. J. (2013). Penelitian periklanan: teori dan praktik. Jakarta: PT Rajafindo Persada
  5. Indika, D. R., dan Jovitas, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(1), 25-32. Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga
  6. Kusuma, I. D., & Untarini, N. (2014). Pengaruh pengetahuan produk terhadap niat beli dengan sikap sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmu Manajemen. 2(4), 1573-1583
  7. Leksono, R. B., & Herwin. (2017). Pengaruh harga dan promosi grab terhadap brand image yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pengguna transportasi berbasis online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Faultas Ekonomi UNIAT, 2(3), 381-390
  8. Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga
  9. Nielsen. (2017). Tren baru di kalangan pengguna internet indonesia. Diunduh dari http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2017/TREN-BARU-DI-KALANGAN-PENGGUNA-INTERNET-DI-INDONESIA.html
  10. Peter, J. P., & Olson, J. C. (2017). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Jakarta: Salemba Empat
  11. Prasetyo, D. D., Yulianto, E., & Sunarti. (2016). Pengaruh iklan secara online terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 41(1), 170-174
  12. Sarwono, S. W., & Meinarno, E. A. (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika
  13. Schiffman, L, G., & Kanuk, L, L. (2008). Perilaku konsumen. Jakarta: PT. Indeks
  14. Tjiptono, Fandy. (2006). Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia Publishing
  15. Walgito, Bimo. (2010). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.