skip to main content

HUBUNGAN ANTARA IKLIM ORGANISASI DENGAN MOTIVASI KERJA PADA KARYAWAN PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TENGAH WILAYAH KUDUS

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 8 Mar 2019; Published: 25 Mar 2019.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim organisasi dengan motivasi kerja pada karyawan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah wilayah Kudus. Motivasi kerja adalah Sebuah intensitas yang menggerakkan perilaku karyawan, yang diungkap berdasarkan aspek intensitas, arah dan ketekunan. Motivasi kerja dipengaruhi oleh iklim organisasi, yaitu sebagai suatu persepsi penilaian individu mengenai lingkungan internal organisasi yang diukur melalui fleksibilitas, inovasi, fokus keluar, dan refleksivitas. Sampel penelitian berjumlah 70 dengan karakteristik subjek adalah karyawan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah wilayah Kudus yang telah bekerja minimal 1 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik quota sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Iklim Organisasi (29 aitem, α= 0,906) dan Motivasi Kerja (33 aitem, α= 0,935). Analisis regresi sederhana  menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara iklim organisasi dan motivasi kerja (rxy= 0,707 dengan p = 0,000) yang berarti bahwa semankin tinggi iklim organisasi semakin tinggi pula motivasi kerja. iklim organisasi memiliki sumbangan efektif sebesar 50% terhadap motivasi kerja.

Fulltext View|Download
Keywords: iklim organisasi; motivasi

Article Metrics:

  1. Andamdewi, Sari. (2013). Hubungan Lingkungan Kerja dengan Motivasi Kerja Pegawai Bagian Sekretariat Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Administrasi Pendidikan. 1
  2. Anoraga, P. (2009). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Handoko, Hani T, dan Reksohadiprodjo Sukanto. 1996. Organisasi Perusahaan. Edisi kedua Yogyakarta : BPFE
  4. Robbins, S. P. & Judge, T.A. Perilaku Organisasi. Edisi ke-15. Jakarta: Salemba Empat
  5. R, Yudhi Satria. R.A. (2005). Hubungan Antara Komitmen Organisasi dan Iklim Organisasi dengan Kepuasan Kerja Karyawan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Benefit, 9,(2)
  6. Siregar, Amalia Nani., & Saridewi, Tri Ratna. (2010). Hubungan antara Motivasi dan Budaya Kerja dengan Kinerja Penyuluh Pertanian di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Jurnal Penyuluhan Pertanian. 5(1)
  7. Suandi, Turiman., Ismail, Ismi Arif., & Othman, Zukfadhli. (2014). Relationship between Organizational Climate, Job Stress and Job Performance at State Education Departement. International journal of Education and Literacy Studies. 2(1)
  8. Wirawan. (2007). Budaya dan Iklim Organisasi: Teori Aplikasi dan Pendidikan. Malang : UMM Press
  9. Zhang, Jianwei., & Liu, Yuxin. (2010). Organizational Climate and its Effect on Organizational variables: an Empirical Study. International Journal of Psychologycal Studies. 2(2)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.