HUBUNGAN ANTARA IKLIM ORGANISASI DENGAN MOTIVASI KERJA PADA KARYAWAN PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TENGAH WILAYAH KUDUS

Anjasmara Adiel Saputra, Harlina Nurtjahjanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim organisasi dengan motivasi kerja pada karyawan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah wilayah Kudus. Motivasi kerja adalah Sebuah intensitas yang menggerakkan perilaku karyawan, yang diungkap berdasarkan aspek intensitas, arah dan ketekunan. Motivasi kerja dipengaruhi oleh iklim organisasi, yaitu sebagai suatu persepsi penilaian individu mengenai lingkungan internal organisasi yang diukur melalui fleksibilitas, inovasi, fokus keluar, dan refleksivitas. Sampel penelitian berjumlah 70 dengan karakteristik subjek adalah karyawan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah wilayah Kudus yang telah bekerja minimal 1 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik quota sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Iklim Organisasi (29 aitem, α= 0,906) dan Motivasi Kerja (33 aitem, α= 0,935). Analisis regresi sederhana  menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara iklim organisasi dan motivasi kerja (rxy= 0,707 dengan p = 0,000) yang berarti bahwa semankin tinggi iklim organisasi semakin tinggi pula motivasi kerja. iklim organisasi memiliki sumbangan efektif sebesar 50% terhadap motivasi kerja.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats