slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PRODUK FASHION BERMEREK PADA SISWA SMAN 3 SEMARANG | Nugroho | Jurnal EMPATI skip to main content

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PRODUK FASHION BERMEREK PADA SISWA SMAN 3 SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 17 Sep 2018; Published: 30 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan perilaku konsumtif produk fashion bermerek pada siswa SMAN 3 Semarang. Perilaku konsumtif merupakan suatu perilaku yang tidak lagi didasarkan pada pertimbangan yang rasional, melainkan membeli sesuatu untuk memperoleh kesenangan. Harga diri adalah keseluruhan evaluasi diri seseorang. Populasi dalam penelitian ini adalah 403 siswa kelas X SMAN 3 Semarang dengan sampel 188 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala Harga Diri (33 aitem; α = 0,896) dan Skala Perilaku Konsumtif Produk Fashion Bermerek (30 aitem; α = 0,915). Hasil analisis Spearman Rho menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang tidak signifikan antara harga diri dengan perilaku konsumtif produk fashion bermerek (r = -0,58 dan p = 0,430).

Fulltext View|Download
Keywords: harga diri, perilaku konsumtif, fashion, siswa SMA

Article Metrics:

  1. Alwisol. (2011). Psikologi kepribadian. Malang: UMM Press
  2. Biocalti, R. (2017). The role of self-esteem and fear of negative evaluation in compulsive buying. Frontiers in Psychiatry. 8(74), 1-8
  3. Fransisca. & Suyasa, P. T. Y. S (2005). Perbandingan perilaku konsumtif berdasarkan metode pembayaran. Jurnal Phronesis. 7(2), 172-199
  4. Guindon, M. H. (2010). Self-esteem across the lifespan: Issues and interventions. New York: Taylor & Francis Group
  5. Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga
  6. Meganingrum, R. & Fauziah, N. (2016). Hubungan antara identitas sosial dengan kcenderungan perilaku konsumtif pada penggemar batu akik dan batu mulia di Semarang. Jurnal Empati. 6(1), 365-373
  7. Mowen, J. C & Minor, M. (1998). Consumer behavior fifth edition. New Jersey: Prentice-Hall
  8. Myers, D. G. (2012). Psikologi sosial. Jilid 1. Jakarta: Salemba Humanika
  9. Pranoto, W., & Mahardayani. (2010). Perilaku kosumen remaja menggunakan produk fashion bermerek ditinjau dari kepercayaan diri. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus. 1(1), 9-14
  10. Prasetyaningtyas, K. (2015. Hubungan antara harga diri dengan intensi membeli produk fashion pada mahasiswi jurusan manajemen fakultas ekonomika dan bisnis angkatan 2014 universitas diponegoro. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro
  11. Rombe, S. (2014). Hubungan body image dan kepercayaan diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri di SMA Negeri 5 Samarinda. Naskah Publikasi. Samarinda: Universitas Mulawarman
  12. Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan (meneropong imbas pesan iklan televisi). Bandung: Alfabeta
  13. Wardhani, M. D. (2009). Hubungan antara konformitas dan harga diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri. Skripsi. Tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.