skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL CAPITAL DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA PRAMUNIAGA PT. X CABANG TANGERANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia


Citation Format:
Abstract

Pramuniaga sebagai garda utama dan menjadi citra dari perusahaan yang bergerak dalam pelayanan barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara psychological capital  denganorganizational citizenship behavior pada pramuniaga PT. X cabang Tangerang. Psychological capitaladalah sikap individu terhadap keadaan perkembangan psikologis yang positif pada dengan karakteristik memiliki keyakinan diri (self efficacy), dapat membentuk atribusi positif (optimism), menentukan arah dalam mencapai tujuan (hope), dan mampu bertahan dalam usaha mencapai tujuan kesuksesan dalam situasi menyulitkan (resilience).Organizational citizenship behavior merupakan perilaku sukarela individu yang terlepas dari tanggung jawab organisasi dan berdampak pada peningkatan kerja dan pencapaian tujuan organisasi. Subjek penelitian ini adalah pramuniaga PT. X cabang Tangerang. Jumlah sampel pada penelitian ini 66 orang pramuniaga yang didapatkan dengan teknik sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan alat ukur Skala Psychological Capital (31 aitem valid, α=0,900) dan Skala Organizational Citizenship Behavior (23 aitem valid, α=0,862). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara psychological capital dengan organizational citizenship behavior pada pramuniaga PT. Xcabang Tangerang (rxy=0,608; p=0,000, p<0,005). Hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Sumbangan efektif psychological capital terhadap organizational citizenship behavior sebesar 36,9% dan 63,1% ditentukan oleh faktor yang tidak diukur dalam penelitian ini.

 

Fulltext View|Download
Keywords: psychological capital;organizational citizenship behavior;pramuniaga; Jurnal Empati; Undip

Article Metrics:

  1. Adestyani, F. A. & Nurtjahjanti, H. (2013). Hubungan psychological capital dengan organizational citizenship behavior pada karyawan PT. PLN (Persero) distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Empati Fakultas Psikologi Vol.2 No. 3
  2. Andriani, G., Djalali, M. & Sofiah, D. (2012). Organizational citizenship behavior dan kepuasan kerja pada karyawan. Jurnal Penelitian Psikologi Vol. 03, No. 01, 341-354
  3. Anvari, R., Chikaji, A., dan Mansor, N. (2015). Relationship between organizational citizenship behavior and job performance among engineers. Jurnal Teknologi (Sciences and Engineering) Vol. 77, No. 13, 159-164
  4. Hapsari, D. (2010). Peranan organizational citizenship behavior dalam memediasi pengaruh kepuasan pegawai dan praktik manajemen sumber daya manusia terhadap kualitas pelayanan hotel bintang lima di Jakarta Pusat. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Vol. 3, 13-26
  5. Ivancevich, J. M., dkk. (2007). Perilaku dan manajemen organisasi. Jakarta: Erlangga
  6. Kemendikbud. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia [Online]. Tersedia di http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi.index.php. Diakses Mei 2017
  7. Kompas. (2017, September) Daya beli turun atau orang malas belanja. Diperoleh Februari 2018, dari https://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/20/ 060000026/daya-beli-turun-atau-orang-malas-belanja
  8. Kurniawan, A. (2015). Pengaruh komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior (ocb). Jurnal Manajemen Vol. 11, No.1
  9. Lather, A. & Kaur, S. (2015). Psychological capital as predictor of organizational commitment and organizational citizenship behavior. The International Journal of Indian Psychology Vol. 2, No.4
  10. Luthans, F., Luthans, K., & Luthans, B. (2004). Positive psychological capital, beyond human and social capital. Business HorizonVol. 41, 45-50
  11. Luthans, F., Yousef, C. M. & Avolio, B. J. (2007).Psychological capital: Developing the human competitive edge. New York: Oxford Univeristy Press
  12. Organ, D. W., dkk. (2006). Organizational citizenship behavior. London: Sage Publications
  13. Podsakoff, P. M., dkk. (2000). Organizational citizenship behaviors: a critical reviewof the theoritical and empirical literature and suggestions for future search.Journal of Management Vol. 26, No. 3, 513-563
  14. Qadeer, F. & Jaffrey, H. (2014). Mediation of psychological capital between organizational climate and organizational citizenship behavior. Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences Vol 8 (2), 453-470
  15. Subejo, Troena, E., Thoyib, A. & Aisjah, S. (2013). The effect of organizational commitment and organizational identity strength to organizational citizenship behavior (ocb) impact on fire department and disaster employee performance in Jakarta Indonesia. IOSR Journal Of Business and managementVol. 10, No. 3, 30-36
  16. Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Penerbit Alfabeta
  17. Tjiptono, F. & Gregorius C. (2005).Service, quality and satisfaction. Yogyakarta: Andi
  18. Utami, C. W. (2008). Manajemen barang dagangan dalam bisnis. Malang: Bayumedia Publishing
  19. Wicaksana, Y. A. & Sjabadhyni, B. (2012).Hubungan antara psychological capital dan organizational citizenship behaviorpada perawat di rumah sakit x. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.