skip to main content

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA N 1 BATANGAN KABUPATEN PATI

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 17 Sep 2018; Published: 30 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar pada siswa SMA N 1 Batangan kabupaten Pati. Dukungan sosial adalah dukungan atau bantuan yang diterima individu dari keluarga yang dapat berupa bantuan emosional, informasi, rasa aman, dihargai, serta diterima di dalam keluarga. Motivasi belajar adalah dorongan pada diri individu yang dapat membangkitkan, menggerakkan dan mengarahkan perilaku individu untuk belajar yang ditandai dengan rasa tanggung jawab ketika belajardan selalu memiliki tujuan yang dingin dicapai saat belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Batangan sejumlah 177 siswa, sampel yang digunakan sebanyak 119 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Motivasi Belajar (35 item; α = 0,902) dan Skala Dukungan Sosial Keluarga (35 item; α = 929). Berdasarkan hasil analisis Spearman Brown dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar pada siswa kelas X dan XI SMA N 1 Batangan (rs = 0,560; p < 0,001). Semakin tinggi dukungan sosial keluarga, maka motivasi belajar siswa semakin tinggi pula, dan sebaliknya.

Fulltext View|Download
Keywords: dukungan sosial keluarga, motivasi belajar, siswa

Article Metrics:

  1. Emeralda, N. G & Kristiana, I. F. (2017). Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Empati. 7 (3), 154-159
  2. Febriany, R & Yusri. (2013). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Tugas-Tugas Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling. 2 (1), 8-16
  3. Fiona, K & Fajrianthi. (2013). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Kualitas Hidup Penderita Skizofrenia. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial. 02 (03), 106-113
  4. Kurniawan, A, C. (2016). Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 4
  5. Mayes, L. C & Lewis, M. (2012). Environment in Human Development. United States of America
  6. Pierce, G. R., Sarason, B. R., Sarason, I. G. (1996). Handbook of social support and the family. New York : Plenum Press
  7. Prasetyo, B, K & Rahmasari, D. (2016). Hubungan antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Motivasi Belajar pada Siswa. Jurnal Penelitian Psikologi. 07 (01), 2
  8. Purwanto, Ngalim. (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  9. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  10. Suciani, D & Rozali, Y, A. (2014). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi. 12 (2), 43-47
  11. Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
  12. Tunggadewi, T, P & Indriana, Y. (2017). Hubungan antara Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar pada Santri di Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Jawa Tengah. Jurnal Empati. 7 (3), 313-317
  13. Worrel, J & Stiwell, W. E. (1981). Psychology For Teacher and Students. New York: McGraw-Hill Book Co

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.