skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN GADGET PADA MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 17 Sep 2018; Published: 30 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pembelian gadget pada mahasiswa jurusan teknik industri Universitas Diponegoro. Perilaku konsumtif pembelian gadget adalah tindakan individu dalam menggunakan gadget yang bukan lagi berdasarkan kebutuhan melainkan hasrat keinginan yang didominasi oleh faktor emosi yang sifatnya berlebihan untuk mencapai kepuasan maksimal dan kesenangan dalam menggunakan gadget sehingga menimbulkan pemborosan. Kontrol diri adalah Kemampuan individu dalam mengendalikan tingkah laku, menahaan godaan  yang muncul baik dalam diri sendiri ataupun dari luar sehingga dapat mengambil tindakan nyata terhadap suatu permasalahan yang terjadi, berpikir positif, melakukan antisipasi terhadap peristiwa yang akan terjadi, serta menentukan keputusan atau sikap dari alternatif yang ada sehingga memberikan dampak yang positif bagi diri sendiri maupun lingkungan. Populasi penelitian yaitu mahasiswa jurusan teknik industri Universitas Diponegoro, mahasiswa aktif angkatan 2014, 2015, 2016, berjenis kelamin laki – laki dan perempuan, mahasiswa jurusan teknik industri berusia berkisar 18 – 21 tahun. Sampel penelitian ini berjumlah 207 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan skala kontrol diri (26 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0.935) dan skala perilaku konsumtif pembelian gadget (26 aitem valid dengan koefisien reliablitas 0.895). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pembelian gadget (rᵪᵧ= -0,207; p=0,003). Semakin tinggi kontrol diri maka semakin rendah perilaku konsumtif pembeli gadget, dan semakin rendah kontrol diri maka semakin tinggi pula perilaku konsumtif pembelian gadget. Kontrol diri memberikan sumbangan efektif sebesar 4,3% terhadap perilaku konsumtif pembelian gadget.

Fulltext View|Download
Keywords: Kontrol diri, perilaku konsumtif, mahasiswa

Article Metrics:

  1. Buente, W., dan Robbin, A. 2008. Trens in Internet Information Behavior. Journal of the American Society for Information Science, 2000-2004. Diunduh dari
  2. http://eprints.rclis.org/13679/1/RobbinTrends-2008Jun2-EntirePaper.pdf
  3. Fadilah, R. (2015). Perilaku konsumtif mahasiswa universitas gadjah mada dalam menggunakan gadget. Skripsi. Fakultas Sosiologi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. Diunduh dari http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?act=view&buku_id=79193&mo d=penelitian_detail⊂=PenelitianDetail&typ=html
  4. Ghufron & Risnawita. (2011). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
  5. Haryani, I., Herwanto, J. (2015) Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi, Vol 11 No 1
  6. Hotpascaman, S. (2010). Hubungan antara perilaku konsumtif dengan konformitas pada remaja. Skripsi. Fakultas Psikologi. Medan: Universitas Sumatera utara. Diunduh dari repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/14510/1/10E00397.pdf
  7. Kotler, P., & Susanto, A.B, (2001). Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Edisi Pertama. Jilid I. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
  8. Mowen, C.J., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga
  9. Munandar, A.S., (2001). Psikologi Industri dan Organisasi. Depok : Penerbit Universitas Indonesia: UI Press
  10. Rahayuningsih, Yulia, D. (2011). Jurnal Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa. Surakarta : Fakultas Psikologi UMS
  11. Sabir, M.C.O. (2007). The Effects of Races and Family Attachment on Self Esteem, Self Control, and Deliquency. New York: LFB Scholarly Publishing LLC
  12. Santrock. (2011). Life-Span Development: Perkembangan Masa-Hidup. Edisi 13. Jilid I. Alih Bahasa: Benedictine, W. Jakarta: Erlangga
  13. Syukur. (2004). Perlunya Budaya Konsumtif. Pattra Gadjah Mada:Karya Inovasi Pembelajaran Mahasiswa. Vol..1. No.1.Yogyakarta: Unit Informasi Inovasi Proses Pembelajaran (UI2P2) Universitas Gadjah Mada

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.