skip to main content

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI AKADEMIK DENGAN PENYESUAIAN DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA RANTAU DARI INDONESIA BAGIAN TIMUR DI SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia


Citation Format:
Abstract

Penyesuaian diri akademik merupakan kemampuan individu dalam mengatasi tuntutan dan permasalahan pada lingkungan akademik agar mencapai keharmonisan dan keselarasan antara diri dengan lingkungan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri akademik dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa rantau dari Indonesia Bagian Timur di Semarang. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri akademik dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa rantau Indonesia bagian Timur di Semarang. Populasi penelitian adalah 180 mahasiswa rantau asal Papua, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara. Subjek Penelitian berjumlah 124 mahasiswa yang diperoleh dengan teknik proportional random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Efikasi Diri Akademik (38 aitem, α = 0,936) dan Penyesuaian Diri Akademik (27 aitem, α = 0,865). Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan nilai (rxy) = 0,713 dengan p=0,000 (p<0,05), artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel efikasi diri akademik dengan penyesuaian diri akademik. Efikasi diri akademik memberikan sumbangan efektif sebesar 50,8% terhadap penyesuaian diri akademik pada penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: penyesuaian diri akademik, efikasi diri akademik, mahasiswa rantau asal Indonesia Timur

Article Metrics:

  1. Adiwaty, M.R., & Fitriyah, Z. (2015). Efektivitas strategi penyesuaian mahasiswa baru pada proses pembelajaran di perguruan tinggi. Jurnal NeO-Bis Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UPN “Veteran” Jatim, 9 (1), 87-97
  2. Agustiani, Hendriati. (2009). Psikologi perkembangan (Pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri dan penyesuaian diri pada remaja). Bandung: PT. Refika Aditama
  3. Ajeng, Y. (2007). Hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri di sekolah pada siswa kelas X SMU 2 Bantul Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  4. Arikunto. S. (2006). Prosedur penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta
  5. Baron, Robert A & Byrne, Donn. (2004). Psikologi sosial (Jilid 1 Edisi Kesepuluh). (Alih bahasa: Dra. Ratna Djuwita). Jakarta: Erlangga
  6. Boutler, L.T. (2008). Self-concept as a predictor of college freshman academic adjustment. Journal of College Student, 36(2), 234-246
  7. Brown, N. (2008). Predicting college adjustment: The contribution of generation status and parental attachment. Albany State University of NewYork
  8. Chairiyati, L.R. (2013). Hubungan antara self-efficacy akademik dan konsep diri akademik dengan prestasi akademik. Jurnal Humaniora Universitas BINUS, 4 (2), 1125- 1
  9. Chandra, P. E. (2004). Trik bisnis menuju sukses. Yogyakarta: Grafika Indah
  10. Christyanti, D., Mustami'ah, D., & Sulistiani, W. (2010). Hubungan antara penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik dengan kecenderungan stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah, 12 (08), 153-159
  11. Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2014). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
  12. Haber, A., & Runyon R.P. (2006). Psychology of adjusment. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  13. Handono, O. T. & Bashori, K. (2013). Hubungan antara penyesuaian diri dan dukungan sosial terhadap stres lingkungan pada santri baru. Empathy: Jurnal Fakultas Psikologi, 1 (2), 79-89
  14. Hussain, A., Kumar, A., & Husain, A. (2008). Academic stress and adjustment among high school students. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, 34, 70-73
  15. Hutapea, B. (2014). Stres kehidupan, religiusitas, dan penyesuaian diri warga Indonesia sebagai mahasiswa Internasional. Jurnal Makara-Hubs Asia, 18 (1), 25-40
  16. Hutomo, L. (2017). Hubungan antara penyesusaian akademik dengan prestasi belajar pada mahasiswa tahun pertama. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
  17. IndonesiaTimur. (2017). Definisi Indonesia Timur. Diunduh dari https://indonesiatimur.co/definisi/
  18. Irfan, M., & Suprapti, V. (2014). Hubungan self-efficacy dengan penyesuaian diri terhadap perguruan tinggi pada mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, 3 (3), 172-178
  19. Kato, Tsuyoshi. 2005. Adat Minangkabau dan merantau dalam perspektif sejarah. Jakarta: Balai Pustaka
  20. Klassen, R.M. (2004). A cross cultural investigation of the efficacy beliefs of South Asian immigrant and Anglo Canadian nonimmigrant early adolescents. Journal of Educational Pscyhology, 96 (4), 731-742
  21. Kompasiana. (2016). Masalah pendidikan di Indonesia Timur. Diunduh dari https://www.kompasiana.com/infotercepatku/masalah-pendidikan-di indonesia-timur_55817f7f149773a536fb6f20
  22. Lestari, S.S. (2016). Hubungan keterbukaan diri dengan penyesuaian diri mahasiswa Riau di Yogyakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta, Vol. 3, 75-85
  23. Liauwrencia, P.F. & Denny, P. (2014). Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas XII IPA2 tahun ajaran 2013/2014 di Sma Dharma Putra Tangerang. Jurnal NOETIC Psychology, 4 (1), 62-80
  24. Munir R. (2000). Migrasi: Dasar-dasar demografi edisi 2000. Jakarta: Lembaga Penerbit UI
  25. Ormrod, J.E. (2008). Psikologi pendidikan Jilid I. Jakarta: Erlangga
  26. Ormrod, J.E. (2008). Psikologi pendidikan Jilid II. Jakarta: Erlangga
  27. Peguero, A. A., & Shaffer, K. A. (2014). Academic self-efficacy, dropping out, and significance of inequality. Sociological Spectrum, 35, doi: 10.1080/02732173.2014.978428
  28. Putwain, D., Sander, P., & Larkin, D. (2013). Academic self-efficacy in study-related skills and behaviours: Relations with learning-related emotions and academic success. British Journal of Educational Psychology, 83, 633-650. doi: 10.1111/j.2044-8279.2012.02084.x
  29. Rensi, R., & Sugiarti, L. R. (2011). Dukungan sosial, konsep diri, dan prestasi belajar siswa SMP Kristen YSKI Semarang. Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 148-153
  30. Rini, K.Q., Majorsy, U., & Hapsari, R.M. (2015). Hubungan metakognisi, efikasi diri akademik dan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Prosiding PESAT Universitas Gunadarma, 6 (1), 66-71
  31. Rozali, Y. A. (2015). Hubungan efikasi diri akademik dan dukungan sosial orangtua dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa UEU Jakarta. Jurnal Psikologi Universitas Esa Unggul. 13 (1), 65-69
  32. Salim, D.P (2015). The transnational and the local in the politics of Islam. New York: Springer
  33. Sharma, B. (2012). Adjusment and emotional maturity among first year college students Pakistan. Journal of Social and Clinical Psychology, 9(3), 32-37
  34. Webometrics. (2017). Ranking web of universites. Diunduh dari http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20
  35. Wijaya, O.B. (2015). Hubungan antara penyesuaian diri dengan kemandirian pada mahasiswa yang merantau Fakultas Teknik Industri Universitas Bina Darma Angkatan 2014/2015 Palembang. Jurnal Psikologi Universitas Bina Darma Palembang, 1-14

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.