skip to main content

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL SIGNIFICANT OTHERS DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA RANTAU ANGGOTA HIMPUNAN–HIMPUNAN DAERAH SUMATERA DI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 27 Mar 2018; Published: 26 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial significant others dengan prestasi akademik mahasiswa. Populasi dalam penelitian berjumlah 138 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 orang mahasiswa anggota himpunan IKAMALA (Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa Lampung), IKAMMI (Ikatan Mahasiswa Minang), IMSU (Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara), dan IMJ (Ikatan Mahasiswa Jambi). Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala, yaitu skala dukungan sosial significant others (29 item, α = .929) dan IPK semester terakhir. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial significant others dengan prestasi akademik dengan rxy = .402 dan p = .002 (p < .05). Maka hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Dukungan sosial significant others memberikan sumbangan efektif sebesar 16,1% terhadap prestasi akademik. Uji beda dengan analisis one way anova menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara dukungan sosial orangtua, dukungan sosial siblings, dan dukungan sosial teman dengan  p= .022 (p < .05). Nilai mean dukungan sosial orangtua 164.11, dukungan sosial siblings dengan mean 160.27, dan dukungan sosial teman dengan mean 153.22.

 

Fulltext View|Download
Keywords: dukungan sosial significant others, prestasi akademik, mahasiswa rantau.

Article Metrics:

  1. Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Bryant, B. K. (2012). Assesment of social support, social network, and sosial capital, dalam Mayes, L. C., & Lewis. M. The cambridge handbook of environment in human development. New York: Cambridge University Press. PP ( 326-369)
  3. Budiman, A. (2006). Kebebasan, negara, dan pembangunan. Jakarta: Alvabet. https://books.google.co.id/books?id=gGPnJKMU5hwC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
  4. Dermawanti, Hoyyi, A., & Rusgiyono, A. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi kriminalitas di Kabupaten Batang tahun 2013 dengan analisis jalur. Jurnal Gaussian, 247-256
  5. Efendi, S. H., Suhartadi, S., & Yoto. (2016). Hubungan antara berfikir kreatif dan dukungan sosial dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Profesional, 76-90
  6. Maslichah, S., & Suryani, E. (2012). Analisis pengaruh faktor internal dan eksternal penyebab timbulnya tindakan kriminal dengan pendekatan simulasi sistem dinamik untuk mengurangi angka kriminalitas. Jurnal Teknik Pomits, 1-6
  7. Maslihah, S. (2011). Studi tentang hubungan dukungan sosial, penyesuaian sosial di lingkungan sekolah dan prestasi akademik siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi Undip, 103-114
  8. Puspitasari, W. (2013). Hubungan antara manajemen waktu dan dukungan sosial dengan prestasi akademik mahasiswa yang bekerja. Portal Garuda, 1-17
  9. Saleh, M. (2014). Pengaruh motivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus, dan aktif berorganisasi terhadap prestasi akademik. Jurnal Phenomenon, 109-141
  10. Santrock, J.W. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika
  11. Virdhani, M. H. (2016, Mei 20). Dua tipe fresh graduate yang di cari perusahaan. from Okezone Kampus: http://news.okezone.com/read/2016/05/20/65/1393777/dua-tipe-fresh-graduate-yang-dicari-perusahaan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.