JIWA MUDA YANG PANTANG MENYERAH (Studi Kualitatif Perjalanan Entrepreneurship Praktisi Internet Marketing Alumni Psikologi Undip)

Rizalmi Meidatama Dewantara, Achmad Mujab Masykur

Abstract


Entrepreneur adalah seseorang yang mempunyai visi membangun lapangan pekerjaan berdasarkan peluang yang dicermati dari lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan memahami pengalaman berwirausaha pada pengusaha yang memilih dalam menjalankan usahanya dari kuliah menggunakan strategi internet marketing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dan menggunakan metode analisis Eksplikasi Data. Partisipan dalam penelitian berjumlah tiga orang wirausaha berlatar belakang alumni Psikologi Undip yang dipilih menggunakan metode purposive. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa dalam menjalani usaha, diperlukan adanya dukungan sosial secara riil ataupun emosional dari orang yang bernilai penting seperti teman, pasangan terutama orangtua. Proses yang dijalani tidak mungkin tanpa suatu persoalan atau permasalahan, dimana memiliki resiko dapat membuat para usahawan tertekan dan putus asa. Tidak lepas dari nilai-nilai dan pemahaman akan ilmu agama, menjadi kunci bagi para usahawan dapat bertahan bahkan bangkit kembali ketika mengalami keterpurukkan dalam usahanya. Pencapaian-pencapaian yang telah diraih saat ini juga dipengaruhi oleh cara para usahawan dalam berkomunikasi. Berkomunikasi yang terjadi cukup beragam seperti ketika memberikan pemahaman baru kepada orangtua tentang wirausaha adalah salah satu cara yang menjanjikan dalam mencari penghasilan di era saat ini. Tidak sebatas itu, komunikasi menjadi perhatian wirausahawan dalam proses menjual produk kepada target pasar yang telah ditentukan.

 

 


Keywords


internet marketing; entrepreneurship; dukungan sosial; komunikasi; eksplikasi data.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats