skip to main content

JIWA MUDA YANG PANTANG MENYERAH (Studi Kualitatif Perjalanan Entrepreneurship Praktisi Internet Marketing Alumni Psikologi Undip)

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 27 Mar 2018; Published: 26 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

Entrepreneur adalah seseorang yang mempunyai visi membangun lapangan pekerjaan berdasarkan peluang yang dicermati dari lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan memahami pengalaman berwirausaha pada pengusaha yang memilih dalam menjalankan usahanya dari kuliah menggunakan strategi internet marketing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dan menggunakan metode analisis Eksplikasi Data. Partisipan dalam penelitian berjumlah tiga orang wirausaha berlatar belakang alumni Psikologi Undip yang dipilih menggunakan metode purposive. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa dalam menjalani usaha, diperlukan adanya dukungan sosial secara riil ataupun emosional dari orang yang bernilai penting seperti teman, pasangan terutama orangtua. Proses yang dijalani tidak mungkin tanpa suatu persoalan atau permasalahan, dimana memiliki resiko dapat membuat para usahawan tertekan dan putus asa. Tidak lepas dari nilai-nilai dan pemahaman akan ilmu agama, menjadi kunci bagi para usahawan dapat bertahan bahkan bangkit kembali ketika mengalami keterpurukkan dalam usahanya. Pencapaian-pencapaian yang telah diraih saat ini juga dipengaruhi oleh cara para usahawan dalam berkomunikasi. Berkomunikasi yang terjadi cukup beragam seperti ketika memberikan pemahaman baru kepada orangtua tentang wirausaha adalah salah satu cara yang menjanjikan dalam mencari penghasilan di era saat ini. Tidak sebatas itu, komunikasi menjadi perhatian wirausahawan dalam proses menjual produk kepada target pasar yang telah ditentukan.

 

 

Fulltext View|Download
Keywords: internet marketing; entrepreneurship; dukungan sosial; komunikasi; eksplikasi data.

Article Metrics:

  1. Aprilianty, E. (2012). Pengaruh kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 2, no. 3, hal 311-324
  2. Ghufron, M. N., & Risnawita, R. S. (2011). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group
  3. Gunarsa, S. D. (2012). Dasar dan teori perkembangan anak. Jakarta: Gunung Mulia
  4. Grotberg, E. H. (2003). Resilience for Today: Gaining strength from adfersity. London: Praeger Publisher
  5. Herdiansyah, H. (2012). Metode penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta: Salemba Humanika
  6. Iman, D. K., Arifin, Z., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh pemasaran melalui media sosial terhadap kesadaran konsumen pada produk internasional. Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 24, no. 1, hal. 1-9
  7. Kimura, O. N., & Masykur, A. M. (2017). Hubungan antara dukungan sosial pada mahasiswa UKM Research n Business Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, vol. 6, no. 1, hal 322-326
  8. Kindangen, P., & Tumiwa, J. (2015). Kewirausahaan dan kesempatan kerja di Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, vol. 2, no 2
  9. Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen pemasaran (13th ed). Jakarta: Erlangga
  10. Kurniawati, D., & Afirin, N. (2015). Strategi pemasaran melalui media sosial dan minat beli mahasiswa. Jurnal Simbolika, vol. 1, no. 2, hal. 193-198
  11. Kuswara, H. (2012, 3 Februari). Strategi perguruan tinggi mewujudkan entrepreneurial campus
  12. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Diakses dari https://www.ristekdikti.go.id/strategi-perguruan-tinggi-mewujudkan-entrepreneurial-campus/
  13. Linley, P. A. & Joseph, S. (2004). Positive psychology in practise. Canada: John Wiley & Sons, Inc
  14. Maryani, A. (2002). Komunikasi persuasif, kohesi kelompok, dan apresiasi seni seni gamelan sunda:
  15. Kasus di kalangan mahasiswa. Jurnal Mediator, vol. 3, no. 2, hal. 349-372
  16. Mijilputri, N. (2015). Peran dukungan sosial terhadap kesepian istri yang menjalani hubungan pernikahan jarak jauh (long distance marriage). Ejournal Psikologi, vol. 3, no. 2, hal 477-491
  17. Mohammed, R., Fisher, R. J., Jaworski, B. J., & Paddison, G. (2003). Internet marketing (2en ed). USA: McGraw-Hill
  18. Purwanto, D. (2006). Komunikasi bisnis. Jakarta: Erlangga
  19. Sarwono, A. W., & Meinarno, E. A. (2014). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika
  20. Subandi. (2009). Psikologi dzikir: Studi fenomenologi pengalaman transformasi religius
  21. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  22. Sugiarto. (1999). Psikologi pelayanan dalam industri jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  23. Suprapto, T. (2009). Pengantar teori dan manajemen komunikasi. Yogyakarta: MedPress
  24. Suryana. (2013). Kewirausahaan kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat
  25. Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi sosial. (12th ed). Jakarta: Kencana. https://bps.go.id
  26. https://www.undip.ac.id/language/id/archives/3394

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.