skip to main content

HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI UKM PEDULI SOSIAL UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia


Citation Format:
Abstract

Mahasiswa memiliki peran yang penting untuk dapat mengimplementasikan ilmunya untuk kesejahteraan masyarakat sehingga dibutuhkan kepribadian yang tangguh dalam menghadapi berbagai permasalahan dalam menjalani peran tersebut. Salah satu yang berpengaruh terhadap kemampuan dalam mensejahterakan orang lain adalah karakteristik kepribadian seperti hardiness. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara hardiness dengan perilaku prososial pada mahasiswa yang mengikuti UKM Peduli Sosial Universitas Diponegoro. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti UKM Peduli Sosial Universitas Diponegoro dengan karakteristik menjadi anggota organisasi aktif di periode 2016/2017. Subjek penelitian adalah 82 anggota UKM Peduli Sosial Universitas Diponegoro Semarang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala psikologi, yaitu perilaku prososial (43 aitem, α = 0.945) dan skala hardiness (41 aitem α = 0.937). Analisis data menggunakan regresi sederhana yang menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara hardiness dengan perilaku prososial (r=0.815 ; p<0.000). Artinya semakin kuat hardiness yang dimiliki mahasiswa, maka semakin tinggi perilaku prososialnya. Hardiness memberikan sumbangan efektif terhadap perilaku prososial pada mahasiswa yang mengikuti UKM Peduli Sosial Universitas Diponegoro sebesar 66.5% dan sisanya 33.5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Hardiness, perilaku prososial, mahasiswa.

Article Metrics:

  1. Al-Mighwar. M. (2006). Psikologi remaja. Bandung: Pustaka Setia
  2. Azwar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Baron & Donn.(2005).Psikologi sosial.Jakarta: Erlangga
  4. Dayakisni, T & Hudaniah.(2009).Psikologi sosial.Malang: Universitas Muhammdiyah Malang Press
  5. Eisenberg & Mussen.(1989). The roots of prosocial behavior in children.UK:Cambridge University Press
  6. Haghighatgoo, M, Besharat, M.A, Zebardast, A (2011). The relationship between hardiness and time perspective in student.Social and behavioral sciences. doi: 10.1016/j.sbspro.2011.10.179
  7. Maddi, S.(2013).Hardiness turning stressful circumstances into resilient growth.New York: Springer Dordecht Heidelberg. Doi: 10.1007/978-94-007-5222-1
  8. Martin,Raught, Harrison, J. Kell., Stephan, J. M. (2016).Prososial knowledge mediates effect of agreeableness and emotional intelligence on prosocial behavior.Journal Personality and Individual Differences, 90.doi 10.1016/j.paid.2015.10.024
  9. Muhammad, Arief.(2017). Tri dharma perguruan tinggi. www.academia.edu. Diperoleh dari https://www.academia.edu/4379037/TRI_DHARMA_PERGURUAN_TINGGI
  10. Myers, David G.(2012). Psikologi Sosial.Jakarta:Salemba Humanika
  11. Prasetya, A & Febriana, W.(2008). Pengaruh stres terhadap komitmen mahasiswa-mahasiswa universitas airlangga untuk menyelesaikan pendidikan mereka dengan faktor kecemasan sebagai variabel moderato.Majalah Ekonomi No.3.Surabaya: Universitas Airlangga
  12. Sheard, M & Golby, J.(2007). Hardiness and undergraduate academic study: The moderating role of commitment. Personality and Individual Differences 43doi: 10.1016/j.paid.2007.01.006
  13. Xie, X., Chen, W., Lei, L., Xing, C., Zhang, Y.(2016). The relationship between personality types and prosocial behavior and aggression in Chinese adolescents. Journal Personality and Individual Differences.dx.doi.org/10.1016/j.paid.2016.02.002
  14. Zulffiano,Antonio, dkk (2014). The relation between prosociality and self-esteem from middle-adolescence to young adulthood. Personality and Individual Difference. dx.doi.org/10.1016/j.paid.2014.01.041

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.