Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI20031, author = {PUTRA PERDANA and Endah Mujiasih}, title = {HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MEMBELI PAKAIAN PADA MAHASISWI ANGKATAN 2016 FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {6}, number = {4}, year = {2018}, keywords = {Konformitas Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif, Mahasiswi}, abstract = { Remaja sering dijadikan target pemasaran berbagai produk industri, dikarenakan karakteristik remaja yang labil, spesifik dan mudah dipengaruhi, sehingga mendorong munculnya perilaku konsumtif yaitu perilaku membeli tidak wajar. Perilaku konsumtif salah satunya dipengaruhi oleh konformitas teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif membeli pakaian pada mahasiswi angkatan 2016 Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, jumlah populasi keseluruhan 203 orang tetapi yang sesuai karakteristik ada 157, didapat sampel sebanyak 64 orang untuk subjek uji coba dan 93 orang untuk subjek penelitian. Metode penggalian data dengan menggunakan dua skala psikologi. Skala Perilaku Konsumtif dengan 39 aitem valid (α = 0,950) dan Skala Konformitas Teman Sebaya dengan 25 aitem valid (α = 0,928). Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,476 dengan p = 0,000 (p<0,05) yang berarti ada hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif, semakin tinggi konformitas teman sebaya maka semakin tinggi perilaku konsumtif mahasiswa, demikian pula sebaliknya semakin rendah konformitas teman sebaya maka semakin rendah perilaku konsumtif. Sumbangan efektif konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa sebesar 22,6% dan sisanya sebesar 77,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain. }, issn = {2829-1859}, pages = {195--208} doi = {10.14710/empati.2017.20031}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/20031} }
Refworks Citation Data :
Remaja sering dijadikan target pemasaran berbagai produk industri, dikarenakan karakteristik remaja yang labil, spesifik dan mudah dipengaruhi, sehingga mendorong munculnya perilaku konsumtif yaitu perilaku membeli tidak wajar. Perilaku konsumtif salah satunya dipengaruhi oleh konformitas teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif membeli pakaian pada mahasiswi angkatan 2016 Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, jumlah populasi keseluruhan 203 orang tetapi yang sesuai karakteristik ada 157, didapat sampel sebanyak 64 orang untuk subjek uji coba dan 93 orang untuk subjek penelitian. Metode penggalian data dengan menggunakan dua skala psikologi. Skala Perilaku Konsumtif dengan 39 aitem valid (α = 0,950) dan Skala Konformitas Teman Sebaya dengan 25 aitem valid (α = 0,928). Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,476 dengan p = 0,000 (p<0,05) yang berarti ada hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif, semakin tinggi konformitas teman sebaya maka semakin tinggi perilaku konsumtif mahasiswa, demikian pula sebaliknya semakin rendah konformitas teman sebaya maka semakin rendah perilaku konsumtif. Sumbangan efektif konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa sebesar 22,6% dan sisanya sebesar 77,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University