skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MEMBELI PAKAIAN PADA MAHASISWI ANGKATAN 2016 FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia


Citation Format:
Abstract

Remaja sering dijadikan target pemasaran berbagai produk industri, dikarenakan karakteristik remaja yang labil, spesifik dan mudah dipengaruhi, sehingga mendorong munculnya perilaku konsumtif yaitu perilaku membeli tidak wajar. Perilaku konsumtif salah satunya dipengaruhi oleh konformitas teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif membeli pakaian pada mahasiswi angkatan 2016 Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, jumlah populasi keseluruhan 203 orang tetapi yang sesuai karakteristik ada 157, didapat sampel sebanyak 64 orang untuk subjek uji coba dan 93 orang untuk subjek penelitian. Metode penggalian data dengan menggunakan dua skala psikologi. Skala Perilaku Konsumtif dengan 39 aitem valid (α = 0,950) dan Skala Konformitas Teman Sebaya dengan 25 aitem valid (α = 0,928). Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,476 dengan p = 0,000 (p<0,05) yang berarti ada hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif, semakin tinggi konformitas teman sebaya maka semakin tinggi perilaku konsumtif mahasiswa, demikian pula sebaliknya semakin rendah konformitas teman sebaya maka semakin rendah perilaku konsumtif. Sumbangan efektif konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa sebesar 22,6% dan sisanya  sebesar 77,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain.

 

 

 

Fulltext View|Download
Keywords: Konformitas Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif, Mahasiswi

Article Metrics:

  1. Antara Jatim. 2012. Perilaku konsumerisme mengancam masa depan bangsa. http://www.antarajatim.com/lihat/berita/84039/perilaku-konsumerisme- mengancam-masa-depan-bangsa (diakses pada tanggal 23 Agustus 2017)
  2. Azwar, S. 2006. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  3. Azwar, S. 2008. Reliabilitas & Validitas. Cetakan Kelima. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, S. 2008. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Baron, R & Byrne, D. 2004. Social Psychology. New York : Allyn and Bacon Inc
  5. Damayanti, A.M., 2014. Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi indekost mewah di kecamatan kartasura. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  6. Engel, J.F., Blackwell, RD., & Miniard, PW. 2005. Perilaku Konsumen, Jilid 1. Jakarta : Binarupa Aksara
  7. Eszter, T. 2008. The role of reference group influence in consumer behaviour. rgdi.sze.hu/files/Ertekezesek,%20tezisek/Tezisfuzet_Angol.pdf Széchenyi István University
  8. Hadi, S. 2002. Metodologi Research. Jilid I. Yogyakarta: Andi Offset
  9. Hammer, J. 2014. Hubungan antara konformitas teman sebaya dengan intensi membeli smartphone remaja SMA karangturi semarang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: Universitas Diponegoro
  10. Hawkins, D. I., Motherbaugh, D. L, & Best, R.J. 2004. Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. New York: Mc Graw-Hill Companies, Inc
  11. Hurlock, E.B. 2004. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga
  12. Irmasari, D. (2010). Dampak Positif dan Negatif dari Perilaku Konsumtif. Ringkasan Skripsi. Universitas Gunadarma
  13. Mangkunegara, A, P. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung : Refika Aditama
  14. Mowen, J & Minor, M. 2002, Perilaku Konsumen. Alih Bahasa : Dwi Kartini Yahya
  15. Edisi Kelima Jilid I. Jakarta : Erlangga
  16. Myers G, David. 2012. Psikologi Sosial, Edisi 10. Jakarta : Salemba Humanika,
  17. Nasution, S. 2001. Method Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: PT. Bumi Aksara
  18. Nugraheni, A.M.D. 2016. Pengaruh uang saku dan gaya hidup terhadap tingkat konsumsi mahasiswa universitas negeri semarang. Abstrak. Universitas Negeri Semarang
  19. Rahayu. 2013 Pengaruh peran orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI di SMA kesatrian 1 semarang http://lib.unnes.ac.id/17907/1/3401409022.pdf
  20. Rusich, E.A. 2008. The Relalationship Between Conformity And Consumer Purchasing Decisions. New Orlean: Missouri Western State University
  21. Santrock. 2007. Life-Span Development Eleventh Edition. New York: Mc GrawHill Companies, Inc
  22. Fitriyani. 2013. Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di
  23. genukindahsemarang http://download.portalgaruda.org/article.php?article=299744 &val=1286&title
  24. Sarwono. J. 2007. Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Andi. Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta
  25. Sumartono, 2002. Terperangkap dalam iklan : Meneropong imbas pesan iklan televisi
  26. Bandung : Alfabeta
  27. Swastha, B dan Handoko, H.T. 2000. Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen). Yogyakarta : BPFE UGM
  28. Taylor, S.E., Peplau, L.A & Sears, D.O. 2009.Psikologi Sosial Edisi XII. Jakarta: Kencana
  29. Winarsunu, T. 2002. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
  30. Zebua, A & Nurdjayadi, R. 2001. Hubungan Antara Konformitas dan Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri. Jurnal Phronesis

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.