skip to main content

EFEKTIVITAS TERAPI EMPATI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Received: 5 Mar 2018; Published: 5 Mar 2018.
Open Access Copyright 2018 Empati

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan terapi empati dalam menurunkan perilaku bullying pada anak usia sekolah dasar dan untuk menanggulangi permasalahan perilaku bullying sejak dari pendidikan dasar (Sekolah Dasar) dengan terapi empati. Subjek dalam penelitian ini adalah empat siswa berusia 10-12 tahun dan memiliki skor kecenderungan perilaku bullying dari sedang sampai tinggi. Desain yang digunakan adalah one group pre-test- post-test. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala kecenderungan perilaku bullying yang disusun oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik Wilcoxon Signed Rank Test untuk menguji perbedaan skor data pre test dan post test. Hasil analisis menunjukan nilai p sebesar 0.001. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terapi empati efektif untuk menurunkan perilaku bullying pada anak usia sekolah dasar.

Fulltext
Keywords: terapi empati; perilaku bullying

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.