skip to main content

HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PRODUK THE BODY SHOP PADA MAHASISWI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 1 Feb 2017.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan antara citra merek dengan loyalitas konsumen menggunakan produk The Body Shop pada mahasiswi Universitas Diponegoro. Citra merek merupakan pemahaman konsumen mengenai merek secara keseluruhan. Loyalitas konsumen diungkapkan melalui pembelian yang konsisten terhadap produk atau jasa sepanjang waktu disertai sikap yang baik untuk merekomendasikan orang lain. Subjek penelitian berjumlah 150 mahasiswi meliputi Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang sesuai dengan kriteria yaitu mahasiswi yang menggunakan dan membeli produk The Body Shop lebih dari dua kali. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi, yaitu Skala Citra Merek (36 aitem valid; α = 0,844) dan Skala Loyalitas Konsumen (26 aitem valid; α = 0,870). Berdasarkan hasil analisis data menggunakan teknik korelasi Spearman’s rho dapat disimpulkan terdapat korelasi positif yang signifikan antara citra merek dengan loyalitas konsumen menggunakan produk The Body Shop pada mahasiswa Universitas Diponegoro, (r=0,600; p<0,001). Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitan ini dapat diterima
Fulltext View|Download
Keywords: citra merek; loyalitas konsumen; mahasiswi Universitas Diponegoro

Article Metrics:

  1. Aji, E.P (2014). Analisis pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, dan citra merek terhadap ekuitas merek. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang
  2. Griffin, J. (2002). Customer loyality: Menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Jakarta: Erlangga
  3. Hurriyati, R. (2010). Bauran pemasaran & loyalitas konsumen. Bandung : Penerbit Alfabeta. Kotler, P. (2007). Manajemen pemasaran (edisi 12). Jakarta: Indeks
  4. Kotler, P. & Armstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran (Edisi 8). Jakarta: Erlangga
  5. Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku konsumen. Yogyakarta: Andi
  6. Simamora, B. (2003). Aura merek : Tujuh langkah membangun merek yang kuat . Jakarta : PT
  7. Gramedia

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.