skip to main content

Studi Fenomenologi tentang Makna Berkompetisi Pada Peserta Olimpiade Sains

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 18 Aug 2016.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna kompetisi dalam ajang olimpiade sains nasional (OSN). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa SMA yang pernah mengikuti olimpiade sains nasional (OSN) baik di tingkat kota, provinsi, dan nasional. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara. Hasil yang ditemukan peneliti dari penelitian ini berupa unit-unit makna, yaitu kesiapan menghadapi kompetisi, konsep diri, social support, effort, dan hasil pencapaian. Hal ini menyatakan bahwa makna berkompetisi pada siswa yang mengikuti olimpiade sains nasional (OSN) dipengaruhi oleh social support dan konsep diri. Selain mencari prestasi, peneliti juga menemukan bahwa makna berkompetisi dari ketiga subjek yaitu, mencari suasana baru, mengukur kemampuan diri dan pembuktian diri. Makna berkompetisi dan motivasi berprestasi yang dimiliki subjek tercermin dari sebuah hasil pencapaian prestasi dan juga usaha yang dilakukan.

Fulltext View|Download
Keywords: makna berkompetisi; motivasi berkompetisi motivasi berprestasi; peserta OSN siswa

Article Metrics:

  1. Dublin, H. (2007). The evolution of the female self: attachment, identification, individuation, competition, collaboration, and mentoring. London & New York: Routledge
  2. Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi olahraga prestasi. Jakarta: Gunung Mulia. Herdiansyah,
  3. H. (2012). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu sosial. Jakarta: Salemba Humanika
  4. Johnson, D. W., & Johnson, F. P. (2000). Joining together group theory and group skills (7th Ed.). Massachusetts: Pearson Education Company
  5. John, M. T., & Judith, M. H. (2004). The effect of cooperation and competition on intrinsic motivation and performance. Journal of Personality and Social Psychology, 88(6), 849-861. DOI: 10.1037/0022-3514.86.6.849
  6. McClelland, D. C. (1987). Human motivation. New York: Cambridge University Press
  7. Purwanto, N. (2007). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.