skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN PRODUK DENGAN INTENSI MEMBELI SMARTPHONE PADA KARYAWAN PT. “X”

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 30 Apr 2016.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan produk dengan intensi membeli smartphone. Subjek penelitian 139 karyawan bagian produksi PT. “X”. Karakteristik sampel penelitian adalah belum memiliki smartphone dan mendapatkan gaji antara Rp 1.600.000,00 – Rp 1.900.000,00. Pengumpulan data menggunakan Skala Pengetahuan Produk (24 aitem, α = 0,915) dan Skala Intensi Membeli (24 aitem, α = 0,883). Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan produk dengan intensi membeli (rxy = 0,771 dengan p< 0,001), yang berarti bahwa semakin tinggi pengetahuan produk maka semakin tinggi intensi membeli smartphone, sebaliknya apabila semakin rendah pengetahuan produk maka semakin rendah intensi membeli smartphone. Pengetahuan produk memberikan sumbangan efektif sebesar 59,5% terhadap intensi membeli. Karyawan PT. “X” dapat meningkatkan pengetahuan produk mengenai smartphone terlebih dahulu sebelum membeli produk smartphone.
Fulltext View|Download
Keywords: pengetahuan produk; intensi membeli; smartphone

Article Metrics:

  1. Assael, H. (2002). Consumers behavior and marketing action, edisi 3. Massachusset, AS: Kent Publishing Company Boston
  2. Chuzaimah T. Y. & Hafiz , A. (2012). Problematika hukum islam kontemporer, buku ketiga. Jakarta: PT. Pustaka Firdaus
  3. Engel, F. J. (2006). Perilaku konsumen, jilid I edisi keenam. Alih bahasa oleh Budi Janto. Jakarta Barat: Binarupa Aksara
  4. Mowen, C. J. & Minor, M. (2002). Consumer behavior. New Jersey: Prentice Hall
  5. Peter, J. P. D. & Olson, J. C. (2008). Consumer behavior: Perilaku konsumen & strategi pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga
  6. Peter, J. P. D. & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Jakarta: Erlangga
  7. Peter, J. P. D. & Olson, J. C. (2013). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran, edisi kesembilan. Jakarta: Salemba Empat
  8. Purbarani, V. H. (2013). Analisis pengaruh persepsi harga, kualitas produk, diferensiasi produk, kualitas layanan dan promosi terhadap keputusan pembelian. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonimi dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang
  9. Ruslim, T. S. & Andrew, R. (2012). Pengaruh brand image dan product knowledge terhadap purchase intention (Kasus: Kosmetik merk X). Jurnal Psikologi Universitas Tarumanegara
  10. Sugiyono. (2009). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta
  11. Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
  12. Suparna, G. & Wahyuni, N. L. G. (2014). Pengaruh brand image dan product knowledge terhadap purchase intention produk tas tiruan di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali
  13. Winarsunu, T. (2010). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan. Malang: UMM Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.