skip to main content

HUBUNGAN ANTARA MINAT MENGIKUTI YOGA CLASS DENGAN BODY IMAGE PADA REMAJA PUTRI DI FITNESS CENTRE SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 30 Apr 2016.

Citation Format:
Abstract
Body image adalah gambaran mental dan evaluasi seseorang terhadap kondisi fisiknya yang meliputi bentuk tubuh dan ukuran tubuhnya di dalam hubungannya dengan norma-norma sosial dan umpan balik dari orang lain. Minat adalah daya tarik atau keinginan yang sangat besar yang ada dalam diri individu, yang mendorong individu untuk mencapai sesuatu sesuai dengan keinginan dan kegairahannya terhadap sesuatu yang menjadi daya tariknya. Adanya daya tarik terhadap yoga kemudian memunculkan minat untuk mengikuti yoga class. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat mengikuti yoga class dengan body image pada remaja putri di fitness center Semarang. Populasi penelitian adalah sebanyak 210 member yoga class dan sampel penelitian berjumlah 140 orang dengan karakteristik sampel: remaja putri usia 16-22 tahun, mengikuti yoga class di fitness centre Semarang, member dari salah satu fitness centre di Semarang. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan Skala Minat Mengikuti Yoga Class (29 aitem, = 0,914) dan Skala Body Image (39 aitem, =92,8). Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara minat mengikuti mengikuti yoga class terhadap body image pada remaja putri (rxy = 0,451 dengan p = 0,000) yang berarti bahwa semakin tinggi minat mengikuti yoga class maka semakin positif body image. Minat mengikuti yoga class memberikan sumbangan efektif sebesar 20,3% terhadap body image
Fulltext View|Download
Keywords: minat; body image; yoga class, remaja putri.

Article Metrics:

  1. Burns, R. B. (1993). Konsep diri: Teori, pengukuran, perkembangan, dan perilaku. Jakarta: Arcan
  2. Cash, T. F. & Pruzinsky, T. (2002). Body images: A handbook of theory, research, and clinical practice. New York: Guilford Press
  3. Cash, T. F. & Smolak, L. (2011). Body images: A handbook of theory, research, and clinical practice. New York: Guilford Press
  4. Gunarso. (1995). Meningkatkan minat belajar anak. Jakarta: LPTK dan ISPI
  5. Hurlock, E. B. (1993). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga
  6. Shanty, S. (20150. Amazing yoga. Jakarta: PT. Gramedia
  7. Sugiyono. (2009). Statistis untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
  8. Widya. S. (2015). Panduan dasar yoga. Jakarta: PT. Gramedia
  9. Yulianti, K. (2013). Amazing yoga. Jakarta: PT. Gramedia

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.