Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI15152, author = {Reza Putra and Endang Indrawati}, title = {HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN INTENSI AGRESI PADA SISWA KELAS XI SMK X SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {6}, number = {1}, year = {2017}, keywords = {intensi agresi; kecerdasan emosional; siswa kelas XI SMK X Semarang}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan intensi agresi pada siswa kelas XI SMK X Semarang.Populasi penelitian sebanyak 146 siswa kelas XI SMK X Semarang.Uji coba diberikan kepada 67 siswa kelas XI SMK X Semarang dan penelitian dilakukan kepada 79 siswa kelas XI SMK X Semarang.Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling.Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala intensi agresi (46 aitem, α = 0,923) dan skala kecerdasan emosional (30 aitem, α =0,901).Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan analisis regresi sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatifsignifikan antara kecerdasan emosional dengan intensi agresi pada siswa kelas XI SMK X Semarang (r= -0,549; p< 0,001). Hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu hubungan negatif antara kecerdasan emosional dengan intensi agresi pada siswa kelas XI SMK X Semarang dapat diterima. Semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin rendah intensi agresi pada siswa kelas XI SMK X Semarang, sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional maka semakin tinggi intensi agresi siswa kelas XI SMK X Semarang. Variabelkecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif sebesar 30,1% terhadap intensi agresi. }, issn = {2829-1859}, pages = {357--364} doi = {10.14710/empati.2017.15152}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15152} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan intensi agresi pada siswa kelas XI SMK X Semarang.Populasi penelitian sebanyak 146 siswa kelas XI SMK X Semarang.Uji coba diberikankepada 67 siswa kelas XI SMK X Semarang dan penelitian dilakukan kepada 79 siswa kelas XI SMK X Semarang.Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling.Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala intensi agresi (46 aitem, α = 0,923) dan skala kecerdasan emosional (30 aitem, α =0,901).Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan analisis regresi sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatifsignifikan antara kecerdasan emosional dengan intensi agresi pada siswakelas XI SMK X Semarang (r= -0,549; p< 0,001). Hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu hubungan negatif antara kecerdasan emosional dengan intensi agresi pada siswa kelas XI SMK X Semarang dapat diterima. Semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin rendah intensi agresi pada siswa kelas XI SMK X Semarang, sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional maka semakin tinggi intensi agresi siswa kelas XISMK X Semarang. Variabelkecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif sebesar 30,1% terhadap intensi agresi.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University