HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN PERILAKU KONSUMTIF DALAM PEMBELIAN TAS MELALUI ONLINE SHOP PADA MAHASISWI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) DAN FAKULTAS ILMU BUDAYA (FIB) UNIVERSITAS DIPONEGORO

Putri Nur Azizah, Anita Listiara

Abstract


Perilaku konsumtif adalah keinginan mengonsumsi produk secara berlebihan dan tidak wajar yang dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. Salah satu faktor eksternal adalah kelompok referensi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pembelian tas melalui online shop pada mahasiswi FISIP dan FIB Universitas Diponegoro. Subjek penelitian berjumlah 198 mahasiswi yang didapatkan
dengan teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Perilaku Konsumtif (26 aitem ; α = 0,905) dan Skala Konformitas (28 ; α = 0,841). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara konformitas dengan perilaku konsumtif dalam pembelian tas melalui online shop (rxy = 0,402 ; (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi konformitas, maka semakin tinggi perilaku konsumtif terhadap pembelian tas melalui online shop pada mahasiswi. Konformitas memberikan sumbangan efektif sebesar 16% pada perilaku konsumtif.


Keywords


konformitas; mahasiswi; perilaku konsumtif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats