skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN PERILAKU KONSUMTIF DALAM PEMBELIAN TAS MELALUI ONLINE SHOP PADA MAHASISWI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) DAN FAKULTAS ILMU BUDAYA (FIB) UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 16 Jan 2017.

Citation Format:
Abstract

Perilaku konsumtif adalah keinginan mengonsumsi produk secara berlebihan dan tidak wajar yang dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. Salah satu faktor eksternal adalah kelompok referensi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pembelian tas melalui online shop pada mahasiswi FISIP dan FIB Universitas Diponegoro. Subjek penelitian berjumlah 198 mahasiswi yang didapatkan
dengan teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Perilaku Konsumtif (26 aitem ; α = 0,905) dan Skala Konformitas (28 ; α = 0,841). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara konformitas dengan perilaku konsumtif dalam pembelian tas melalui online shop (rxy = 0,402 ; (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi konformitas, maka semakin tinggi perilaku konsumtif terhadap pembelian tas melalui online shop pada mahasiswi. Konformitas memberikan sumbangan efektif sebesar 16% pada perilaku konsumtif.

Fulltext View|Download
Keywords: konformitas; mahasiswi; perilaku konsumtif

Article Metrics:

  1. Astuti, P. & Puspitawati, I. (2008). Hubungan antara sikap remaja putri terhadap produk multi level marketing dengan perilaku konsumtif dalam pembelian barang kosmetik. Gunadarma.ac.id. Diakses dari http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/psychology/2008/Artikel_10503137.pdf
  2. Cosseboom, L. (2015). Popular online shopping platform in Indonesia. Diakses dari https://www.techinasia.com/popular-online-shopping-platforms-in-indonesia
  3. Fitriyani, N., Widodo, P.B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 05-06. Diunduh dari http://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/ 8338
  4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2001). Diunduh dari http://kbbi.web.id/
  5. Mowen, J., C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga
  6. Neuman, W., L. (2013). Metode penelitian sosial: Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jakarta: PT Indeks
  7. Pi, S.M., Liao, H.L., Liu, S.H., & Lee, I.S. (2011). Factors influencing the behavior of online group-buying in Taiwan. African Journal of Business Management, 5(16). 7120-7129. Diunduh dari http://www.academicjournals.org/article/article1380380816_Pi%20et%
  8. al.pdf
  9. Sukari., Larasati, A., Mudjijono., & Susilantini E. (2013). Perilaku konsumtif siswa SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: BNPB
  10. Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan: Meneropong imbas pesan iklan televisi. Bandung: Alfabeta
  11. Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D.O. (2009). Psikologi sosial (edisi kedua belas). Jakarta: Kencana
  12. Wisal, J. S. F. (2013). Hubungan antara motivasi dengan intensi membeli pada konsumen tas branded. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2), 20-22. Diunduh dari https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/download/437/406

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.