slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN INTENSI MEMBELI LIPSTIK PADA SISWI SMA PLUS PEMBANGUNAN JAYA DI KOTA TANGERANG SELATAN | Pradhini | Jurnal EMPATI skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN INTENSI MEMBELI LIPSTIK PADA SISWI SMA PLUS PEMBANGUNAN JAYA DI KOTA TANGERANG SELATAN

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 16 Jan 2017.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dengan intensi membeli lipstick pada siswi SMA. Konformitas teman sebaya diartikan sebagai suatu dorongan individu dari lingkungan kelompok untuk melakukan suatu kegiatan supaya individu dapat diterima dalam kelompok. Intensi membeli diartikan sebagai niat membeli untuk memenuhi suatu tujuan tertentu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswi SMA Plus Pembangunan Jaya. Teknik pengambilan Sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasi penelitian berjumlah 137 siswi. Jumlah subjek try out adalah 48 siswi, sedangkan sampel penelitian berjumlah 89 siswi. Metode pengumpulan data dengan skala psikologi yang disusun oleh peneliti, yaitu Skala Konformitas (20 aitem valid dengan α = 0,858) dan Skala Intensi Membeli Lipstik (29 aitem valid dengan α = 0,948). Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,265 dengan p = 0,012 (p < 0,001). Konformitas memiliki sumbangan efektif sebesar 7% terhadap intensi membeli lipstick pada siswi SMA Plus Pembangunan Jaya. Terdapat factor lain sebesar 93% yang berperan namun tidak terungkap dalam penelitian ini.
Fulltext View|Download
Keywords: konformitas; intensi membeli; siswi sma

Article Metrics:

  1. Ajzen, I. (2005). Attitudes, personality, and behavior second edition. Maidenhead: Open University Press
  2. Armstrong, G., & Kotler, P. (2015). Marketing an introduction twelfth edition. Harlow: Pearson Education Limited
  3. Chaplin, J. P., (2014). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Rajawali Pers
  4. Jiang, Z., Chan, J., Tan, B. C. Y., & Chua, W. S. (2010). Effects of interactivity on website involve and purchase intention. Journal of the Association for Information Systems 11 (1), 34-59
  5. Kartikawati, E. (2015).Pakai nama drake, lipstik tom ford ini habis terjual dalam hitungan menit. Diunduh dari http://wolipop.detik.com/read/2015/12/16/100851/3096965/234/
  6. Maukar, D. C. (2013). Hubungan konformitas remaja dan indentitas sosial dengan brand loyalty pada merek starbucks coffee surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 2 (2), 1-15
  7. Sangadji, E. M., &Sopiah. (2013). Perilaku konsumen pendekatan praktis disertai: himpunan jurnal penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi
  8. Santrock, J. W. (2007). Remaja. Jakarta: Penerbit Erlangga
  9. Sarwono, S. W., & Meinarno, E. A. (2015). Psikologi sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika
  10. Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Hansen, H., (2012). Consumer behavior a european outlook second edition. Harlow: Pearson Education Limited

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.