HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN INTENSI MEMBELI LIPSTIK PADA SISWI SMA PLUS PEMBANGUNAN JAYA DI KOTA TANGERANG SELATAN

Cindy Pradhini, Yeniar Indriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dengan intensi membeli lipstick pada siswi SMA. Konformitas teman sebaya diartikan sebagai suatu dorongan individu dari lingkungan kelompok untuk melakukan suatu kegiatan supaya individu dapat diterima dalam kelompok. Intensi membeli diartikan sebagai niat membeli untuk memenuhi suatu tujuan tertentu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswi SMA Plus Pembangunan Jaya. Teknik pengambilan Sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasi penelitian berjumlah 137 siswi. Jumlah subjek try out adalah 48 siswi, sedangkan sampel penelitian berjumlah 89 siswi. Metode pengumpulan data dengan skala psikologi yang disusun oleh peneliti, yaitu Skala Konformitas (20 aitem valid dengan α = 0,858) dan Skala Intensi Membeli Lipstik (29 aitem valid dengan α = 0,948). Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,265 dengan p = 0,012 (p < 0,001). Konformitas memiliki sumbangan efektif sebesar 7% terhadap intensi membeli lipstick pada siswi SMA Plus Pembangunan Jaya. Terdapat factor lain sebesar 93% yang berperan namun tidak terungkap dalam penelitian ini.

Keywords


konformitas; intensi membeli; siswi sma

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats