skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SMA NEGERI 2 SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 16 Jan 2017.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal orang tua dengan motivasi berprestasi siswa di SMA Negeri 2 Semarang. Populasi penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 2 Semarang sebanyak 514 siswa. Sampel penelitian sebanyak 248 siswa, sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Psikologi yaitu Komunikasi Interpersonal Orang Tua (35 aitem valid, α = 0,928) dan Motivasi Berprestasi (24 aitem valid,α = 0,851). Teknik analisis yang data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara komunikasi interpersonal orang tua dengan motivasi berprestasi (rxy= 0,389) dengan p = 0,000 (p<0,001). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi komunikasi interpersonal orang tua, maka semakin tinggi motivasi berprestasi pada siswa. Komunikasi interpersonal orang tua memberikan sumbangan efektif sebesar 15,1% dalam mempengaruhi motivasi berprestasi dan 84,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Fulltext View|Download
Keywords: komunikasi interpersonal orang tua; motivasi berprestasi; siswa SMA

Article Metrics:

  1. Azwar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar
  2. Christi, Z. (2014). Hubungan antara komunikasi interpersonal dengan orang tua dan perilaku seksual remaja. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang
  3. Ghanis. (2010). Masalah pendidikan di Indonesia. Diunduh dari: http://ganis.student.umm.ac.id/2010/01/26/masalah-pendidikan-di- indonesia/
  4. Hawadi, A. R. (2001). Psikologi perkembangan anak: Mengenal sifat, bakat, dan kemampuan anak. Jakarta: Grasindo
  5. Jeynes, W. H. (2007). The relationship between parental involvement and urban secondary school student academic achievement. Journal of Educational Psychology, 42(1), 82-110
  6. Mulyana, D. (2007). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  7. Santrock, J. W. (2009). Psikologi pendidikan . Jakarta: Erlangga
  8. Santrock, J. W. (2011). Life span development: Perkembangan masahidup jilid 1. Jakarta: Erlangga
  9. Sardiman. (2016). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
  10. Setyaningrum, A. (2015). Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi kelas V sekolah dasar di Gugus Hasanudin Kabupaten Cilacap. Skripsi.Program Sarjana Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.