skip to main content

KONFORMITAS DAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRSI BISNIS FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 27 Jan 2016.

Citation Format:
Abstract

Konformitas adalah perilaku individu untuk menyesuaikan diri dengan kelompok sesuai dengan harapan kelompok meskipun ada atau tidak ada permintaan langsung untuk mengikuti agar anggota dapat diterima di sebuah kelompok tersebut. Minat berwirausaha adalah keinginan, serta kesediaan untuk berkemauan keras memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa merasa takut akan resiko yang akan dihadapi, serta senantiasa mengembangkan usaha yang diciptakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara konformitas dan minat berwirausaha pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Subjek penelitian berjumlah 100 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel convenience sampling. Pengambilan data menggunakan skala Konformitas (25 aitem, α =0,89) dan Skala Minat Berwirausaha (67 aitem, α =0,97). Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi antara konformitas dengan minat berwirausaha rxy= -0,27 dengan p = 0,01 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang dipaparkan peneliti ditolak. Pada penelitian ini konformitas memberikan sumbangan efektif sebesar 7,5% pada minat berwirausaha.

Fulltext View|Download
Keywords: konformitas; minat berwirausaha; mahasiswa

Article Metrics:

  1. Alma, B. (2011). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta
  2. Creswell, J. W. (2012). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Fatimah, E. (2006). Psikologi perkembangan (Perkembangan peserta didik). Bandung: Pustaka Setia
  4. Hurlock, E. B. (2008). Perkembangan anak jilid 2. Jakarta: Erlangga
  5. Keswara, R. (2012). APK perguruan tinggi perlu dipacu. Retrieved from http://kampus.okezone.com/read/2012/08/03/373/672589/apk-perguruan-tinggi-perludipacu/large.html diunduh tanggal 18 April 2015
  6. Khairani, H. M. (2014). Psikologi belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
  7. Misra, S. & Kumar, E. S. (2000). Resourcefulness: A proximal conceptualisation of entrepreneurial behavior. Journal of Entrepreneurship, 9(2)
  8. Myers, D. G. (2005). Social psychology (8th ed.). New York: McGrawHill
  9. Nurain., R., & Mujiono. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa untuk berwirausaha. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(9)
  10. Nurtjahjanti, H. (2012). Hubungan antara persepsi terhadap harga dan kualitas produk dengan minat membeli produk fashion onlineshop di facebook pada mahasiswa politeknik X semarang. Jurnal Psikologi, 11(2): 3
  11. Santrock, J. W. (2003). Adolescence (6th ed.). Jakarta: Erlangga
  12. Sarwono, S. W. (2011). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika
  13. Sears, D. O., Freedman, J. L., & Peplau, L. A. (1994). Psikologi sosial jilid 2. Jakarta: Erlangga
  14. Slameto. (2010). Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
  15. Suryana. (2006). Kewirausahaan pedoman dan praktis: kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba
  16. Zebua, A. S. & Nurjayantu, R. D. (2001). Hubungan antara konformitas dan konsep diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri. Phronesis, 3(6): 73

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.