skip to main content

DUKUNGAN DOSEN DAN TEMAN SEBAYA DENGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 27 Jan 2016.

Citation Format:
Abstract

Efikasi diri akademik merupakan keyakinan individu dalam melakukan tuntutan akademik pada level kemampuan tertentu. Tuntutan akademik yang kerap dialami mahasiswa adalah memahami materi perkuliahan, menyelesaikan tugas, dan menghadapi ujian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan dosen dengan efikasi diri akademik pada mahasiswa tahun pertama dan untuk mengetahui hubungan antara dukungan teman sebaya dengan efikasi diri akademik pada mahasiswa tahun pertama. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif dan signifikan antara dukungan dosen dengan efikasi diri akademik dan ada hubungan positif dan signifikan antara dukungan teman sebaya dengan efikasi diri akademik. Populasi penelitian adalah 186 mahasiswa tahun pertama Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, dengan sampel penelitian berjumlah 92 orang yang diperoleh dengan teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Dukungan Dosen (31 aitem, α = .92), Skala Dukungan Teman Sebaya (35 aitem, α = .93) dan Skala Efikasi Diri Akademik (43 aitem, α = .96). Pengujian hipotesis pertama dengan analisis regresi ganda menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara dukungan dosen dengan efikasi diri akademik (r = .39; p< .001), artinya semakin tinggi dukungan dosen maka semakin tinggi efikasi diri akademik. Pengujian hipotesis kedua menunjukkan tidak ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan teman sebaya dengan efikasi diri akademik (r = .31; p> .001), artinya dukungan teman sebaya tidak memberikan pengaruh yang nyata pada efikasi diri akademik. Dukungan dosen memberikan sumbangan efektif sebesar 15% terhadap efikasi diri akademik pada penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: efikasi diri akademik; dukungan teman sebaya; mahasiswa tahun pertama

Article Metrics:

  1. Anandari, D. S. (2013). Hubungan persepsi siswa atas dukungan sosial guru dengan self-efficacy pelajaran matematika pada siswa SMA Negeri 14 Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 03, 210-217
  2. Bong, M. (1997). Generality of academic self-efficacy judgments: Evidence of hirerarchical relations. Journal of Educational Psychology, 89, 696-709. doi: 10.1037/0022-0663.89.4.696
  3. Constantinescu, C. A., Besu, E.C., & Negovan, V. (2013). Perceived social support and perceived self efficacy during adolescence. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 78, 275-279 doi: 10.1016/j/sbspro.2013.04.294
  4. Perry, J. C., DeWine, D. B., Duffy, R. D., & Vance, K. S. (2007). The academic self-efficacy of urban youth: a mixed-methods study of a school-to-work program. Journal of Career Development, 34, 103 126.doi: 10.1177/0894845307307470
  5. Santrock, J.W. (2003). Adolescence, perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga
  6. Sarafino, E. P. (1994). Health psychology, biopsychosocial interaction. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc
  7. Suhartanto. (2015). Pengaruh intensitas bimbingan dosen dan efikasi diri dalam menyelesaikan skripsi terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya UGM. Tesis Program Studi S2 Manajemen Pendidikan Tinggi UGM

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.