Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI14348, author = {Okky Dhatu and Annastasia Ediati}, title = {KONSEP DIRI AKADEMIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SMP N 24 PURWOREJO}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {4}, number = {4}, year = {2015}, keywords = {motivasi berprestasi; konsep diri akademik; siswa}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara konsep diri akademik dengan motivasi berprestasi pada siswa SMP N 24 Purworejo. Populasi penelitian adalah 173 siswa dan sampel penelitian didapatkan melalui cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala konsep diri akademik (26 aitem, α = 0,853) dan skala motivasi berprestasi (5 aitem, α = 0,718). Analisis Kendall’s Tau menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara konsep diri akademik dengan motivasi berprestasi pada siswa SMP N 24 Purworejo ( r = 0,283; p<0,001 ), yang berarti bahwa semakin positif konsep diri akademik maka semakin tinggi motivasi berprestasi. Untuk meningkatkan motivasi berprestasi, siswa perlu mengembangkan konsep diri akademik yang dimilikinya secara lebih positif. }, issn = {2829-1859}, pages = {233--238} doi = {10.14710/empati.2015.14348}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/14348} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara konsep diri akademik dengan motivasi berprestasi pada siswa SMP N 24 Purworejo. Populasi penelitian adalah 173 siswa dan sampel penelitian didapatkan melalui cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala konsep diri akademik (26 aitem, α = 0,853) dan skala motivasi berprestasi (5 aitem, α = 0,718). Analisis Kendall’s Tau menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara konsep diri akademik dengan motivasi berprestasi pada siswa SMP N 24 Purworejo (r = 0,283; p<0,001), yang berarti bahwa semakin positif konsep diri akademik maka semakin tinggi motivasi berprestasi. Untuk meningkatkan motivasi berprestasi, siswa perlu mengembangkan konsep diri akademik yang dimilikinya secara lebih positif.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University