skip to main content

KONSEP DIRI AKADEMIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SMP N 24 PURWOREJO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 18 Oct 2015.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara konsep diri akademik dengan motivasi berprestasi pada siswa SMP N 24 Purworejo. Populasi penelitian adalah 173 siswa dan sampel penelitian didapatkan melalui cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala konsep diri akademik (26 aitem, α = 0,853) dan skala motivasi berprestasi (5 aitem, α = 0,718). Analisis Kendall’s Tau menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara konsep diri akademik dengan motivasi berprestasi pada siswa SMP N 24 Purworejo (r = 0,283; p<0,001), yang berarti bahwa semakin positif konsep diri akademik maka semakin tinggi motivasi berprestasi. Untuk meningkatkan motivasi berprestasi, siswa perlu mengembangkan konsep diri akademik yang dimilikinya secara lebih positif.

Fulltext View|Download
Keywords: motivasi berprestasi; konsep diri akademik; siswa

Article Metrics:

  1. Bong, M. & Clark, R. E. (1999). Comparison between self-concept and self-efficacy in academic motivation research. Educational Psychologist, 139-153. Routledge, London
  2. Darta. (2009). Implementasi model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw dan konsep diri akademik untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas 1. Tesis, Singaraja: Undiksha Singaraja
  3. Fu, J. (2011). The relationship among self-efficacy, achievement motivation, and work values for regular four-year university student and community college students in China. Dissertation. Urbana: University of Illinois
  4. Kavale, K. A. & Mostert, M. P. (2004). Social skills interventions for individuals with learning disabilities. Learning Disability Quarterly, 27(1), 31-43
  5. Marsh, H. W. & Hattie, J. (1996). Theoretical Perspectives On The Structure of SelfConcept In B. A. Bracken (Ed). Handbook of Self Concept. New York: Wiley
  6. Marsh, H. W., Boivin, M., & Guay, F. (2003). Academic self-concept and academic achievement; development perspectives on their causal ordering. Journal of Educational Psychology, 95(I), 124-136
  7. Skaalvik, E. M. & Rankin, R. J. (1990). Math, verbal, and general academic selfconcept : the internal/eksternal frame of reference model and gender differences in self-concept structure. Journal of Educational Psychology, 82 (3), 546-554
  8. Pudjijogyanti, C. R. (1993). Konsep diri dalam pendidikan. Jakarta: Arcan
  9. Wahyuni, E. N. (2009). Motivasi dalam pembelajaran. UIN: Malang Press
  10. Yamin, H. M. (2008). Paradigma pendidikan konstruktivistik-implementasi KTSP & UU. No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Jakarta: Gaung Persada Press GP Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.