skip to main content

KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN ASERTIVITAS PADA SISWA SMA ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 18 Oct 2015.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dengan asertivitas pada siswa SMA Islam Hidayatullah Semarang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 112 siswa SMA Islam Hidayatullah Semarang kelas X dan XI yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi, yang terdiri dari Skala Asertivitas (32 aitem, α= 0,914) dan Skala Konformitas Teman Sebaya (26 aitem, α= 0,899) yang telah diujicobakan terhadap 63 siswa SMA Islam Hidayatullah Semarang. Analisis data konformitas teman sebaya dengan asertivitas menggunakan analisis regresi sederhana dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar -0,521 dan p=0,000 (p< 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara konformitas teman sebaya dengan asertivitas pada siswa SMA Islam Hidayatullah Semarang. Artinya, semakin meningkat konformitas teman sebaya maka semakin rendah asertivitas. Sebaliknya semakin menurun konformitas teman sebaya maka semakin tinggi asertivitas pada siswa. Koefisien determinasi sebesar 0,272 menunjukkan bahwa konformitas teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 27,2%. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa terdapat faktor lain 72,8% yang juga ikut berperan mempengaruhi asertivitas yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini.
Fulltext View|Download
Keywords: konformitas teman sebaya; asertivitas; remaja

Article Metrics:

  1. Alberti, R. & Emmons, M. (2008). Your perfect right: Panduan praktis hidup lebih ekspresif dan jujur pada diri sendiri. Jakarta: Elex Media Komputindo
  2. Aronson, E. (2008). The social animal. Tenth edition. New York: Worth/Freeman
  3. Guirdham, M. (2002). Interpersonal skills at work. Boston: Prentice Hall
  4. Hurlock, E.B. (2006). Psikologi perkembangan, suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayanti, Soedjarwo. Jakarta: Erlangga
  5. Miasari, A. (2012). Hubungan antara komunikasi positif dalam keluarga dengan asertivitas pada siswa SMP Negeri 2 Depok Yogyakarta. Empathy, 12(1), 32-46
  6. Monks, F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. (2006). Psikologi perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
  7. Ormrod, J. E. (2008). Psikologi pendidikan jilid 1. Jakarta : Erlanggga
  8. Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human development 10th ed. Jakarta: Salemba Humanika
  9. Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan remaja. Alih bahasa: Shinto B Adelar, Saragih Sherly. Jakarta: Erlangga
  10. Setiono, V. & Pramadi. (2005). Pelatihan asertivitas dan peningkatan asertif pada siswasiswi SMP. Anima, Indonesian Psychology Journal, 20(2), 149-168
  11. Stein, S. J. & Book, H. E. (2002). Ledakan EQ: 15 prinsip dasar kecerdasan emosional meraih sukses. Bandung: Kaifa

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.