skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN LAGU ANAK-ANAK TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA TAMAN KANAK-KANAK

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 18 Oct 2015.

Citation Format:
Abstract
Perilaku prosososial memiliki peran penting bagi kehidupan. Anak dapat belajar bertingkahlaku yang dapat diterima lingkungannya, memainkan peran dalam kelompok, dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sehingga dibutuhkan rangsangan stimulus untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Metode pemberian lagu anak-anak diharapkan dapat membantu anak untuk mempelajari perilaku prososial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian lagu anak-anak terhadap perilakku prososial anak usia TK. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen non-randomized control group pretest posttest design untuk mengukur peningkatan perilaku prososial anak. Perlakuan diberikan sebanyak lima kali dengan durasi 60 menit.Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok secara non-randomized berdasarkan usia dan kelas yang sudah tersedia. Pengambilan data melalui pretest dan posttest. Observasi dilakukan oleh delapan observer dan satu instructor. Hasil observasi dicatat dengan menggunakan lembar observasi checklist. Subjek penelitian adalah siswa-siswi TK ABA 39 Banyumanik, Semarang. Hasil uji Wilcoxon test menunjukkan adanya peningkatan perilaku prososial pada anak yang mendapat perlakuan berupa pemberian lagu anak-anak.
Fulltext View|Download
Keywords: perilaku prososial; anak usia TK; metode pemberian lagu anak-anak

Article Metrics:

  1. Desmita. (2010). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  2. Faturochman. (2006). Pengantar psikologi sosial. Yogyakarta: Penerbit Pustaka
  3. Dayakisni, T. & Hudaniah. (2003). Psikologi sosial. Malang: UMM Press
  4. Dayakisni, T. & Hudaniah. (2009). Psikologi sosial edisi revisi. Malang: UMM Press
  5. Djohan. (2009). Psikologi musik. Bandung: Best Publisher
  6. Greitmeyer, T. (2009). Effect of song with prosocial lyrics on prosocial thoughts affects and behavior. Journal of experimental social psychology, 45, 186-190
  7. Greitmeyer, T. (2010). Exposure to music with prosocial lyrics reduces aggression: first evidence and test of the underlying mechanism. Journal of experimental social psychology, 47, 28-36
  8. Gruhn, W. (2005). Children need music. International Journal of Music Education, 23(2), 99-101
  9. Hurlock, E. B. (2006). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo). Jakarta: Erlangga
  10. Ismail, S. (2009). Education games: Panduan praktis permainan yang menjadi anak anda cerdas, kreatif, dan shaleh. Yogyakarta: Pro U Media
  11. Kaffah, S. (2013). Pengaruh metode storytelling dengan menggunakan panggung boneka terhadap kemampuan berbahasa anak usia 4-5 tahun. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Diponegoro
  12. Kamtini & Tanjung, H.W. (2005). Bermain melalui gerak & lagu di taman kanakkanak. Jakarta: Depdiknas
  13. Kanthi, L. (2012). Pengaruh penggunaan lagu anak-anak terhadap hasil belajar apresiasi puisi kelas III SD Negeri 1 Mireng Trucuk Klaten tahun ajaran 2011/2012. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta
  14. Latipun. (2004). Psikologi eksperimen (edisi Kedua). Malang: UMM Press
  15. Parke, R. D., & Gauvan, M. (2009). Child psychology a contemporary viewpoint 7 th . New York: McGraw-Hill
  16. Rachmawati, Y. (2005). Musik sebagai pembentuk budi pekerti. Bandung: Panduan
  17. Rasyid, D. (2010). Cerdaskan anakmu dengan musik. Yogyakarta: Diva Press
  18. Ulutas, I. & Aksoy, A. (2009). Learning with play: How play activities program improve pro-social behaviour of six year old children?. Humanity & Social Sciences Journal, 4(1), 39-44
  19. Widhi, N. (2006). Kak seto: Anak peniru yang baik. Yogyakarta: Pedagogia

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.