Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI13553, author = {Maretha Saraswati and Dian Sawitri}, title = {KONSEP DIRI DENGAN KECENDERUNGAN BULLYING PADA SISWA KELAS XI SMK}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {4}, number = {4}, year = {2015}, keywords = {kecenderungan bullying; konsep diri; siswa SMK; kelas XI; remaja}, abstract = { Siswa kelas XI berada pada usia remaja yang ingin mencoba banyak hal baru. Pengalaman yang siswa peroleh akan membentuk konsep diri pada diri siswa. Remaja yang memiliki konsep diri yang positif, akan mampu untuk menghargai diri dan juga lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kecenderungan bullying pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Semarang. Konsep diri adalah penilaian individu mengenai kemampuan dirinya serta melakukan evaluasi dari lingkungan di sekitarnya. Kecenderungan bullying adalah keinginan yang mengarah pada keinginan untuk menyakiti orang lain yang lebih lemah, baik secara fisik maupun verbal dan non-verbal yang dilakukan secara berulang. Populasi penelitian terdiri atas 173 siswa kelas XI yang terdiri dari 6 kelas, dengan sampel penelitian adalah 84 siswa dari 3 kelas yang diperoleh dengan menggunakan cluster random sampling . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Konsep Diri (31 aitem ; α= 0, 91) dan Skala Kecenderungan Bullying (32 aitem ; α =0, 90). Hipotesis yang diajukan adalah adanya hubungan negatif dan signifikan antara konsep diri dan kecenderungan bullying . Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan negatif dan signifikan antara konsep diri dengan kecenderungan bullying ( r xy = - 0, 30 ; p < 0, 001). Konsep diri memberikan sumbangan efektif sebesar 9% terhadap kecenderungan bullying, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. }, issn = {2829-1859}, pages = {60--65} doi = {10.14710/empati.2015.13553}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/13553} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University