skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA TARUNA TINGKAT PERTAMA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN (PIP) SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 31 Aug 2015.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap sistem pembelajaran dan penyesuaian diri pada taruna tingkat pertama Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Populasi penelitian ini adalah 428 taruna tingkat pertama Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, dengan sampel penelitian berjumlah 209 taruna yang diambil menggunakan teknik  cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua alat ukur skala psikologi yaitu Skala Penyesuaian Diri (36 aitem valid, α = 0,896) dan Skala Persepsi terhadap Sistem Pembelajaran (41 aitem, α = 0,917). Hasil hipotesis menunjukkan koefisien korelasi sebesar rxy= 0,703 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima, yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap sistem pembelajaran dengan penyesuaian diri pada taruna tingkat pertama Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Semakin positif persepsi terhadap sistem pembelajaran, semakin tinggi pula penyesuaian diri, dan semakin negatif persepsi terhadap sistem pembelajaran, semakin rendah penyesuaian diri taruna tingkat pertama. Persepsi terhadap sistem pembelajaran memberikan sumbangan efektif sebesar 49,5% terhadap penyesuaian diri dan sebesar 50,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Fulltext
Keywords: persepsi terhadap sistem pembelajaran, penyesuaian diri, taruna tingkat pertama

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.