Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI13002, author = {Cyntia Mahardhika and Endah Mujiasih}, title = {HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN MELAYANI DENGAN WORK ENGAGEMENT PADA SALES FORCE PT. “X”}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {4}, number = {3}, year = {2015}, keywords = {Karyawan, Work Engagement, Gaya Kepemimpinan Melayani}, abstract = { Pertumbuhan industri otomotif di Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat, untuk itu dibutuhkan SDM berkualitas agar mampu bersaing. Salah satu cara membentuk SDM berkualitas dipengaruhi oleh peran pemimpinnya yang dapat melayani dan mengerti kebutuhan bawahan sepenuhnya. Karyawan yang memiliki penilaian positif terhadap pimpinan yang melayani cenderung juga bersikap melayani dalam bagaimana mereka melakukan perannya dengan memberikan lebih dari diri mereka sendiri melalui tingkat engagement yang lebih besar. Work Engagement adalah keadaan psikologis karyawan yang bersifat positif yang ditandai dengan curahan energi secara fisik dan mental dalam bekerja serta adanya keterlibatan yang kuat dan penuh konsentrasi dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan melayani dengan work engagement pada karyawan sales force PT. “X”. Populasi penelitian ini adalah karyawan PT. “X” yang berjumlah 174 dengan sampel karakteristik karyawan dengan minimal masa kerja 1 tahun sebanyak 100 karyawan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah Skala Psikologi yaitu Skala Work Engagement (29 aitem valid, α = 0.895) dan Skala Gaya Kepemimpinan Melayani (57 aitem valid, α = 0.971). Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0.424 dengan p=0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan melayani dengan work engagement. Semakin positif gaya kepemimpinan melayani maka semakin tinggi work engagement . Gaya kepemimpinan melayani memberikan sumbangan efektif sebesar 18% pada work engagement dan sebesar 82% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. }, issn = {2829-1859}, pages = {212--218} doi = {10.14710/empati.2015.13002}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/13002} }
Refworks Citation Data :
Pertumbuhan industri otomotif di Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat, untuk itu dibutuhkan SDM berkualitas agar mampu bersaing. Salah satu cara membentuk SDM berkualitas dipengaruhi oleh peran pemimpinnya yang dapat melayani dan mengerti kebutuhan bawahan sepenuhnya. Karyawan yang memiliki penilaian positif terhadap pimpinan yang melayani cenderung juga bersikap melayani dalam bagaimana mereka melakukan perannya dengan memberikan lebih dari diri mereka sendiri melalui tingkat engagement yang lebih besar.Work Engagement adalah keadaan psikologis karyawan yang bersifat positif yang ditandai dengan curahan energi secara fisik dan mental dalam bekerja serta adanya keterlibatan yang kuat dan penuh konsentrasi dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan melayani dengan work engagement pada karyawan sales force PT. “X”. Populasi penelitian ini adalah karyawan PT. “X” yang berjumlah 174 dengan sampel karakteristik karyawan dengan minimal masa kerja 1 tahun sebanyak 100 karyawan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah Skala Psikologi yaitu Skala Work Engagement (29 aitem valid, α = 0.895) dan Skala Gaya Kepemimpinan Melayani (57 aitem valid, α = 0.971). Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0.424 dengan p=0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan melayani dengan work engagement. Semakin positif gaya kepemimpinan melayani maka semakin tinggi work engagement. Gaya kepemimpinan melayani memberikan sumbangan efektif sebesar 18% pada work engagement dan sebesar 82% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University